Analisis Motivasi Berprestasi Mahasiswa dan Skala Penilaian di Program Studi Magister Pendidikan Agama Kristen UKI Angkatan 2018 Dan 2019

Sianipar, Desi and Kia, Armandho (2021) Analisis Motivasi Berprestasi Mahasiswa dan Skala Penilaian di Program Studi Magister Pendidikan Agama Kristen UKI Angkatan 2018 Dan 2019. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN, 14 (1). pp. 39-58. ISSN 2620 3952

[img] Text
AnalisisMotivasiBerprestasi.pdf

Download (430kB)
[img] Text
ReviewAnalisisMotivasiBerprestasi.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp

Abstract

Achievement motivation and rating scale influence student academic achievements. The higher the achievement motivation of student, the higher the student's academic achievement, and the more precisely the assessment scale is established, the higher the student's achievement motivation. Therefore, it is important to analyze of student achievement motivation and the rating scale used by study program. The purpose of this study is to analyze student achievement motivation and the rating scale in the MPAK UKI Study Program, class 2018 and 2019. The type of research used in this study is the mixed method or combination of quantitative and qualitative research. In collecting data, the writer used questionnaire and interview. The analysis technique used is descriptive statistical analysis and descriptive qualitative. The result is the student achievement motivation in the MPAK UKI Study Program class 2018 and 2019 is very high, which is influenced by ideals, faith in God, self-awareness, environmental support, learning facilities, and professionalism of lecturers. The level of student satisfaction toward the assessment scale used by the UKI MPAK Study Program is very high. This is very important to know so that student achievement motivation and academic achievement can be improved. Keywords: analysis; achievement motivation; rating scale/ Motivasi berprestasi dan skala penilaian mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Semakin tinggi motivasi berprestasi seseorang, maka semakin tinggi prestasi akademiknya, dan semakin tepat skala penilaian ditetapkan dan digunakan untuk mengukur prestasi akademik mahasiswa, semakin tinggi motivasi berprestasi mahasiswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi berprestasi mahasiswa dan skala penilaian yang digunakan oleh program studi MPAK UKI angkatan 2018 dan 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed method) atau kombinasi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan kualitatif deskriptif. Hasilnya adalah motivasi berprestasi mahasiswa di Program Studi MPAK UKI angkatan 2018 dan 2019 adalah sangat tinggi, yang dipengaruhi oleh cita-cita, iman pada Tuhan, kesadaran diri, dukungan lingkungan, fasilitas belajar, dan profesionalisme dosen. Dengan mengetahui hal ini, Prodi dapat terus meningkatkan layanan akademis dengan berfokus pada pencapaian pembelajaran sesuai dengan profil yang ditetapkan. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap skala penilaian yang digunakan Prodi MPAK UKI adalah sangat tinggi. Hal ini sangat penting diketahui agar motivasi berprestasi dan prestasi akademik mahasiswa dapat ditingkatkan. Kata Kunci: analisis; motivasi berprestasi; skala penilaian

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:17
Last Modified: 20 Jan 2022 04:17
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item View Item