Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0

Oktavian, Riskey and Aldya, Riantina Fitra (2020) Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20 (2). pp. 129-135. ISSN 1412 5889

[img] Text
EFEKTIVITASPEMBELAJARANDARINGTERINTEGRASI.pdf

Download (422kB)
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didakti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring yang menekankan integrasi dengan lingkungan dari berbagai sumber yang ditinjau dari berbagai aspek selama era pendidikan 4.0. Menggunakan metode berupa meta-analisis jurnal, melalui berbagai macam jurnal yang berhubungan dengan variabel penelitian dikumpulkan kemudian dikaji dan ditarik suatu kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran daring akan efektif jika menerapkan komponen esensial dari Laurillard yang mencangkup aspek diskursfi, adapftif, interaktif dan reflektif. Namun 76,07% memilih kombinasi pembelajaran daring sehingga penting adanya inovasi berupa integrasi dengan lingkungan mengacu pada komponen digital learning ecosystem dari Hammond yang dapat mengakomodasi gaya belajar, fleksibilitas dan pengalaman belajar peserta didik sehingga dapat memunculkan perasaan positif. Kata Kunci: efektivitas; pembelajaran daring; lingkungan; pendidikan 4.0 / This study aims to determine the effectiveness of online learning that emphasizes integration with the environment from various sources in terms of various aspects during the educational era 4.0. Using the method in the form of a meta-analysis of journals, through a variety of journals related to the research variables collected then reviewed and drawn a conclusion. The results of the study show that online learning will be effective if it applies an essential component of Laurillard which covers aspects of discourse, adaptive, interactive and reflective. However 76.07% chose a combination of online learning so it is important that innovation in the form of integration with the environment refers to the digital learning ecosystem component of Hammond that can accommodate learning styles, flexibility and learning experiences of students so that they can generate positive feelings. Keywords: effectiveness; online learning; environment; education 4.0

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:27
Last Modified: 16 Dec 2021 02:27
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/6030

Actions (login required)

View Item View Item