Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao

Landa, Zeth Rodo and Sunaryo, Tarsicius and Tampubolon, Hotner (2021) Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1). pp. 718-734. ISSN 2579 9258

[img] Text
PengaruhLiterasiDigitalGurudanManajemenPembelajaran.pdf

Download (404kB)
[img] Text (Peer Review (Bapak Hotner))
PeerReviewPengaruhLiterasiDigitaldanManajemenPembelajaran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://j-cup.org/index.php/cendekia

Abstract

This study aims to 1) analyze the effect of teacher digital literacy on students' learning interest in SMA Pelita Rantepao; 2) Analyzing the effect of learning management on students' learning interest in SMA Pelita Rantepao; 3) Analyze digital literacy skills and "learning management in explaining the learning interest of students at SMA Pelita Rantepao. This type of research is ex post facto research. The sampling technique used saturated sampling, namely all teachers at SMA Pelita Rantepao. The research model consisted of digital literacy (X1), learning management (X2) as the independent variable, and students' interest in learning (Y) as the dependent variable. The data collection technique is done by using a questionnaire that is distributed directly. The method used in analyzing the data is correlation analysis and multiple regression with the help of the SPSS application version 25. The results show that: 1) Teacher digital literacy (X1) affects students' interest in learning (Y at SMA Pelita Rantepao, North Toraja Regency. digital teacher (X1) towards students 'interest in learning by 60.4%; 2) Learning management (X2) affects students' interest in learning (Y). The influence of learning management on students' interest in learning is 55.6%; 3) The model (digital literacy (X1) and learning management (X2)) can explain variations in students' interest in learning (Y) by 66.1%. Keywords: Digital literacy, interest in learning / Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengaruh literasi digital guru terhadap minat belajar peserta didik di SMA Pelita Rantepao; 2) Menganalisis pengaruh manajemen pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik di SMA Pelita Rantepao; 3) Menganalisis kemampuan literasi digital dan “manajemen pembelajaran dalam menjelaskan minat belajar peserta didik di SMA Pelita Rantepao. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Teknik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh, yaitu semua guru di SMA Pelita Rantepao. Model penelitian terdiri dari literasi digital (X1), manajemen pembelajaran (X2) sebagai varabel bebas, dan minat belajar peserta didik (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis korelasi dan regresi berganda dengan bantuan Aplikasi SPSS versi 25. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Literasi digital guru (X1) mempengaruhi minat belajar peserta didik (Y di SMA Pelita Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Besar pengaruh literasi digital guru (X1) terhadap minat belajar peserta didik sebesar 60,4%; 2) Manajemen pembelajaran (X2) mempengaruhi minat belajar peserta didik(Y). Besar pengaruh manajemen pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik sebesar 55,6%; 3) Model (literasi digital (X1) dan manajemen pembelajaran(X2)) dapat menjelaskan variasi pada minat belajar peserta didik (Y) sebesar 66,1%. Kata kunci: Literasi digital, minat belajar

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:47
Last Modified: 07 Dec 2021 04:47
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item