Efektifitas Pelatihan Dan Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP PSKD Di Jakarta dan Depok

Siahaan, Dewi and Tampubolon, Hotner (2017) Efektifitas Pelatihan Dan Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP PSKD Di Jakarta dan Depok. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6 (1). pp. 37-45. ISSN 2301 5594

[img] Text
EFEKTIFITASPELATIHANDANKOMPETENSI.pdf

Download (366kB)
[img] Text (Peer_Review (Bapak Hotner))
PeerReviewEFEKTIFITASPELATIHANDANKOMPETENSI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelatihan dan Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP PSKD di Jakarta, dengan variabel bebas Efektivitas Pelatihan (X1), Kompetensi (X2), dan variabel terikat kinerja guru (Y). Penelitian ini dilakukan di SMP PSKD di Jakarta dan Depok selama bulan Juli dan Agustus 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert 1- 5. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PSKD Jakarta dan Depok sebagai unit analisis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Hipotesis pertama, menunjukkan ada hubungan yang positif dan cukup kuat antara efektifitas pelatihan (X1) dengan kinerja guru (Y) dengan koefisien korelasi ry1=0,702 persamaan regresi linier Y=10,745 + 0,528X1, thitung = 7,955 lebih besar dari ttabel = 2,381 dan koefisien determinasi r2 = 0,493. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,493 membuktikan bahwa variabel efektifitas pelatihan memberikan kontribusi hubungan dengan variabel kinerja guru sebesar 49,3 %. Hipotesis kedua, menunjukkan hubungan yang positif dan cukup kuat antara kompetensi (X2) dengan kinerja guru (Y) dengan koefisien korelasi ry2=0.332, persamaan regresi linier Y = 34,990 + 0,392X2, thitung = 2,833 lebih besar dari ttabel= 2,381 dan koefisien determinasi r2 = 0,110. Nilai koefisien determinasisebesar 0,110 membuktikan bahwa variable kompetensi memberikan kontribusi hubungan dengan kinerja guru sebesar 11,0 %. Hipotesis ketiga, menunjukkan hubungan yang positif dan cukup kuat antara efektivitas pelatihan (X1) dankompetensi (X2) secara bersama-sama dengan kinerja guru (Y) dengan koefisien korelasi ry12 = 0,703, persamaan linier Y = 11,409 + 0,539X1 + -0,034X2, Fhitung= 31,226 lebih besar dari Ftabel= 4,09 dan koefisien determinasi r2 = 0,494. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,494 membuktikan bahwa variabel efektifitas pelatihan dan kompetensi secara bersama-sama memberikan kontribusi hubungan dengan kinerja guru sebesar 49,40%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kinerja guru SMP PSKD di Jakarta dan Depok dapat ditingkatkan melalui pelatihan dan peningkatan kompetensi. Kata Kunci: Efektifitas pelatihan, Kompetensi, dan Kinerja guru

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION > Theory and practice of education > Education and training of teachers and administrators
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:41
Last Modified: 07 Dec 2021 03:41
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5951

Actions (login required)

View Item View Item