Pengaruh Kreativitas Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Kristen Tagari Rantepao

Tikuallo, Jeni and Tambunan, Witarsa and Tampubolon, Hotner (2021) Pengaruh Kreativitas Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Kristen Tagari Rantepao. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1). pp. 1350-1362. ISSN 2614 3097

[img] Text (Peer_Review)
PeerReviewPengaruhKreativitasGuru.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dan media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Kr. Tagari Rantepao. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII SMK Kr. Tagari sebanyak 128 siswa dengan jumlah sampel 50 siswa yang dipilh dengan teknik ramdom sampling. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu kreativitas guru (X1), media pembelajaran (X2), dan hasil belajar peserta didik (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kuesioner/angket yang digunakan untuk mengukur kreativitas guru dan media pembelajarandan tes hasil belajar untuk mengukur nilai Bahasa Indonesia peserta didik semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 0,428. (2) Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 0,12. Adapun nilai koefisien determinasi antara ketiga variabel tersebut sebesar 0,525. Artinya variabel kreativitas guru dan media pembelajaran mampu menjelaskan variabel hasil belajar peserta didik sebesar 52,5 %. Merujuk pada hasil analisis regresi ganda maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dan media pembelajaran berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Kr. Tagari Rantepao. Artinya apabila nilai kreativitas guru dan media pembelajaran meningkat maka hasil belajar peserta didik akan semakin meningkat. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Media pembelajaran, Hasil Belajar Peserta Didik/The purpose of this study was to determine the effect of teacher creativity and learning media on student learning outcomes in Indonesian subjects at SMK Kr. Tagari Rantepao. The method used in this research is a quantitative method using multiple regression. The population in this study were all students of class XII SMK Kr. Tagari as many as 128 students with a sample size of 50 students who were selected by random sampling technique. In this study, there are three variables, namely teacher creativity (X1), learning media (X2), and student learning outcomes (Y). The instrument used in this study was a questionnaire / questionnaire instrument used to measure teacher creativity and learning media and learning outcomes tests to measure the Indonesian language scores of students in the odd semester of the 2020/2021 school year. Based on the results of the research and data analysis, it can be concluded (1) There is an effect of teacher creativity on student learning outcomes of 0.428. (2) There is an effect of learning media on student learning outcomes of 0.12. The coefficient of determination between the three variables is 0.525. This means that the variables of teacher creativity and learning media are able to explain the variable learning outcomes of students by 52.5%. Referring to the results of multiple regression analysis, it can be concluded that teacher creativity and learning media have a significant and positive effect on student learning outcomes at SMK Kr. Tagari Rantepao. This means that if the value of teacher creativity and learning media increases, the learning outcomes of students will increase. Keywords: Teacher Creativity, Learning Media, Student Learning Outcomes

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 29 Nov 2021 11:24
Last Modified: 29 Nov 2021 11:24
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5917

Actions (login required)

View Item View Item