Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Yufita, Yufita and Sihotang, Hotmaulina and Tambunan, Witarsa (2021) Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3 (6). pp. 3993-4006. ISSN 2656 8071

[img] Text
PeningkatanKompetensiPedagogik.pdf

Download (556kB)
[img] Text (Hasil Cek Turnitin)
TurnitinPeningkatanKompetensiPedagogik.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://edukatif.org/index.php/edukatif/issue/view...

Abstract

Pandemi covid-19 telah membawa perubahan terhadap kegiatan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Guru dituntut untuk dapat menyampaikan pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Rendahnya kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan perangkat TIK mendasari penelitian tindakan sekolah ini. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru setelah mendapatkan pelatihan pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) khususnya pelatihan pembuatan media presentasi pembelajaran menggunakan microsoft power point dan pendampingan kepala sekolah. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di SDS Pelita, Jakarta Barat, dengan jumlah responden 10 orang guru kelas. Analisis komparatif dilakukan terhadap hasil penelitian untuk membandingkan hasil penelitian di setiap siklus. Hasil dari penelitian tindakan sekolah ini didapatkan adanya peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan TIK dari siklus 1 sebesar 50% menjadi 100% pada siklus ke-2. Maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan TIK dan pendampingan kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam mengajar dengan menggunakan perangkat TIK.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr. Edi Wibowo
Date Deposited: 11 Sep 2021 11:06
Last Modified: 11 Sep 2021 11:06
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item