Panduan Penggunaan Laboratorium Virtual Laboratorium Maya dan PhET

Clarinda, Chyntia and Novalina, Novalina and Gu, Mariana and Faradiba, Faradiba (2021) Panduan Penggunaan Laboratorium Virtual Laboratorium Maya dan PhET. UKI Press, Jakarta. ISBN 978 623 6963 28 9

[img] Text
PanduanPenggunaanLaboratoriumVirtualLaboratoriumMayadanPhET.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyelenggaraan proses pembelajaran di rumah yang dilakukan hingga saat ini, berawal dari terbitnya Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam surat edaran ini dijelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) adalah “memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua”. Adanya kebijakan ini berdampak pada proses pembelajaran sains khususnya kegaiatan praktikum tatap muka di sekolah tidak dapat diselenggarakan. Aktivitas praktikum sebagai media bantu dalam proses pemahaman pokok bahasan khususnya materi sains menjadi penting untuk tetap dilakukan. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk dapat mengganti aktivitas praktikum secara tatap muka adalah menggunakan media bantu berupa Laboratorium Virtual. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia ( FKIP UKI) telah melakukan pelatihan dan workshop terkait penggunaan Laboratorium virtual ke sekolah- sekolah. Di harapkan panduan penggunaan laboratorium virtual ini dalam menjadi salah satu media pendukung dalam mengakses beberapa aplikasi laboratorium dengan mudah.

Item Type: Book
Subjects: SCIENCE
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:34
Last Modified: 08 Sep 2021 02:34
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5224

Actions (login required)

View Item View Item