Efektivitas Komite Sekolah Dalam Upaya Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus Pada Spk Ilmu Bangsa)

Suyono, Trifin Arsyanti (2019) Efektivitas Komite Sekolah Dalam Upaya Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus Pada Spk Ilmu Bangsa). S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_isi)
HalJudulAbstrakDaftarIsi.pdf

Download (523kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (34kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan bentuk alternatif pengelolaan sekolah dalam program desentralisasi pendidikan yang ditandai dengan adanya otonomi di tingkat sekolah, pemberdayaan masyarakat, dan dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional. Salah satu ciri suatu sekolah menjalankan Manajemen Berbasis Sekolah adalah adanya Komite Sekolah. Fakta Komite Sekolah kerap hanya sebagai pelengkap untuk kepentingan formalitas yang berhubungan dengan lembaga Dinas Pendidikan Nasional merupakan salah satu latar belakang dilakukannya penelitian ini, yaitu bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas Komite Sekolah pada Satuan Pendidikan Konklusi (SPK) Ilmu Bangsa dalam upaya implementasi MBS. Penelitian difokuskan pada pemberdayaan orang tua murid dalam mengaktifkan Komite Sekolah pada SPK, dengan sub-fokus penelitian pada perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi yang dilakukan SPK atas pemberdayaan tersebut dalam kaitannya dengan pelaksanaan MBS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan pengumpulan data dilakukan melalui in-depthinterview, observasi, dan studi dokumen. Hasil analisis berdasarkan data dan temuan di lapangan terdapat beberapa periode SPK Ilmu Bangsa memiliki Komite Sekolah, vakum, hingga tidak memiliki Komite Sekolah sampai saat ini. Meskipun demikian MBS tetap berjalan dengan baik terbukti dengan pencapaian hasil pendidikan yang sesuai dengan tujuan serta harapan sekolah dan tetap adanya bentuk partisipasi dari orangtua murid yang memilih terlibat dalam kegiatan sekolah tidak melalui wadah formal. Dapat disimpulkan bahwa : 1).Perencanaan sekolah untuk membentuk Komite Sekolah sudah sangat baik akan tetapi belum merupakan hal mendesak yang harus dibentuk kembali; 2).Pelaksanaan pemberdayaan Komite Sekolah pada SPK Ilmu Bangsa sudah diupayakan secara terus-menerus meskipun hasilnya tidak maksimal sehingga efektivitas Komite Sekolah baru sebatas keperluan untuk akreditasi; 3). Monitoring dan evaluasi pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah terkait keberadaan Komite Sekolah pada SPK Ilmu Bangsa sudah berjalan dengan baik dan MBS tetap dapat diterapkan walau tanpa adanya Komite Sekolah. Kata kunci : desentralisasi, efektivitas, Komite Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah / School-based management (SBM) is an alternative form of management of the schools in decentralization program of education, characterized by the otonomy at the school level, community empowerment, and within the framework of the national education policy. One of the characteristic of a school running a Schoolbased management is the existence of a School Committee. The fact the School Committee is often acted as a complement for the sake of formalities in dealing with National Education Institution is one of the background behind this research, that aims to find out how the effectiveness of School Committee in SPK Ilmu Bangsa regarding the implementation efforts of the School-based management. The research is focused on empowering parents to activate School Committee on the SPK, with sub-focus research on the planning, implementation, monitoring and evaluation done by the SPK in relation to implementing the SBM. This study uses a qualitative approach with case study type of research which data collection carried through in-depth-interviews, observation, and documentations. The analysis result based on data and findings during research, there are several periods SPK Ilmu Bangsa had a School Committee, then vacuum, and then not having a School Committee until present. However, SBM still runs well with proven achievement of education in accordance with the goals and expectations of the school and still the forms of participation of parents remain, who choose to engage in school activities not through formal entity. It came into conclussion that : 1).The planning of the school to form the School Committee had been excellent, but yet its urgency to reform it is not necessary needed; 2).The implementation of School Committee empowerment on SPK Ilmu Bangsa had been performed continuously even though the result is not at maximum so that the effectiveness of the School Committee is still limited for the need of accreditation purpose; 3).The monitoring and evaluation of School-based management implementation related to the School Committee on SPK Ilmu Bangsa had been performed well and the School-based management can still be applied even in the absence of School Committee. Keywords : decentralization, effectiveness, School Committee, School-based Management

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTampubolon, HotnerNIDN310105505hotner.tampubolon@uki.ac.id
Thesis advisorTobing, JosephineUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Personnel management. Employment management
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:04
Last Modified: 12 Aug 2021 08:04
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4755

Actions (login required)

View Item View Item