Kualitas Kehidupan Kerja dan Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Pembangunan Jaya Bintaro

Nurahanto, Urip (2017) Kualitas Kehidupan Kerja dan Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Pembangunan Jaya Bintaro. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
Daftar Pusaka.pdf

Download (30kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Pembangunan Jaya Bintaro. Variabel bebas adalah Kualitas Kehidupan Kerja (X1), Kepuasan Kerja (X2) sedangkan variable terikat adalah Kinerja Guru (Y) Pengkajian penelitian dilakukan secara deskriptif, populasi terdiri dari 129 guru Sekolah Pembangunan Jaya. Jumlah sampel dalam pengkajian statistik 98 guru dan 20 guru sebagai responden digunakan sebagai pengambilan data yang digunakan untuk sampel uji coba instrumen. Hipotesa yang dijadikan acuan analisis, yakni : 1) Ada pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, 2) Ada pengaruh Kepuasan Kerja yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, 3) Ada pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Kepuasan Kerja yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data, terdiri dari 30 kuisioner variable X1, 33 kuisioner variable X2 dan 34 kuisioner variable Y. Pada penghitungan reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach, diperoleh kuisioner yang reliable pada variabel X1 yaitu 0.943 Variable X2 yaitu 0.971 dan variable Y yaitu 0.976 Artinya bahwa instrumen memenuhi persyaratan validitas dan reliabel untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable kualitas kehidupan kerja dan kepuasan kerja secara partial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Variabel kualitas kehidupan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru dengan t hitung 5.884 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 dan besarnya hubungan sebesar 26.5%. Variabel kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru dengan t hitung 4.140 dengan taraf signifikansi 0.000 dan besarnya pengaruh adalah 15.1%. Sedangkan secara simultan, kedua variable bebas kualitas kehidupan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Pembangunan Jaya Bintaro dengan nilai F hitung sebesar 18.824 dengan taraf signifikansi 0.000 dan besar pengaruh adalah 30,9%. Jadi dalam penelitian ini variable yang paling tinggi pengaruhnya terhadap kinerja guru adalah Kualitas kehidupan kerja. Kata Kunci : Kualitas Kehidupan Kerja, Kepuasan Kerja, dan Kinerja / The research is aimed to get the information of the influence of the Quality of Work Life and Job Satisfaction on the Teachers Performance of Pembangunan Jaya School Bintaro. The independent variable is Quality of Work Life (X1), Job Satisfaction (X2) and the dependent variable is Teacher Performance (Y) The research is conducted descriptively, the population consists of 129 teachers of Pembangunan Jaya School. The number of samples in the statistical assessments are 98 teachers and 20 teachers as respondents are used as the data retrieval used for the instrument test samples. Hypotheses are used as a reference analysis, namely: 1) There is a positive and significant effect on the Quality of Work Life on the Teacher Performance, 2) Positive and Significant Job Satisfaction Influence on Teacher Performance, 3) Positive Quality of Work Life and Job Satisfaction Significant to Teacher Performance. The instrument used as a data collection tool consists of 30 questionnaires of X1 variable, 33 questionnaires of X2 variable and 34 questionnaires of Y variable. In calculating the reliability of the instrument using Cronbach Alpha technique, obtains a reliable questionnaire on the X1 variable is 0.943, X2 Variable is 0.971 and Y variable is 0.976 This means that the instrument meets the validity and reliability requirements for data collection. The research result shows that the Quality of Work Life and Job Satisfaction variable partially have a positive and significant influences on teacher performance. The variable of Quality of Work Life influences to teacher performance with t counted of 5,884 with significance level of 0.000 and the strength of relation is 26,5%. Job satisfaction variable influences the teachers’ performance with t-counted 4.140 with a significance level of 0.000 and the strength of relation is 15.1%. Both independent variable of quality of work life and job satisfaction have a positive and significant effect on teacher performance in Pembangunan Jaya School Bintaro with F value counted is 18,824 with significance level 0.000 and the strength of influence is 30,9%. So in this study the variable that has the highest effect on teacher performance is Quality of work life. Keywords : Quality of Working Life, Job Satisfaction, Employe Performance

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHutagaol, SaidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSimbolon, Bintang R.NIDN320086508bintang.simbolon@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 10 Aug 2021 06:24
Last Modified: 10 Aug 2021 06:24
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4714

Actions (login required)

View Item View Item