Dematako, Syeilvin Martha (2019) Evaluasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (Pak) Sekolah Minggu Dengan Menggunakan Model Evaluasi Cipp Di Gereja Protestan Maluku Jemaat Pniel Kota Ambon. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Download (178kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasit erhadap metode pemebelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di sekolah minggu jemaat GPM PNIEL. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan evaluasi. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP(context,input, process,dan product). Sampel ditetapkan menggunakan model sampel bertujuan(purposive sampling). Informan dalam penelitianini berjumlah 12 guru sekolah minggu dan 1 pendamping.Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian ini Evaluasi konteks(contect) dihasilkan bahwa pemahaman dan penguasaan guru sekolah minggu tentang metode pembelajran PAK di sekolah minggu baik. Evaluasi masukan (input) ketersediaan pendidik dan peserta didik pada kategori sangat baik (100%), sarana yang digunakan cukup memadai, guru sekolah minggu mengetahui berbagai strategi PAK, perencanaan dana dalam kategori sangat tidak baik. Evaluasi proses (process) metode pembelajran PAK di sekolah minggu berada pada kategori baik sebab prosesnya dapat disarasakan dengan pemakaian metode yang masih minim belum memiliki dan menggunakan kurikulum (buku), penggunaan bahanajar masih minim. Dari evaluasi hasil (product) ditemukan bahwa guru memperoleh hasil yang baik. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa keluarga belum memahami pentingny aevaluasi metode pembelajaran PAK di sekolah minggu. Kata kunci:evaluasi, metode pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen (PAK), sekolah minggu/This study aims to evaluate the learning method of Christian Education in the Sunday School of GPM Pniel Congregation. The study uses qualitative descriptive method with evaluation approach. The evaluation model used is CIPP model (Context, Input, Process and Product). The sample used is the purposive sampling model. The informants in this study were 12 Sunday school teachers and 1 mentor. The data was collected by interview techniques. The results of the study, on context evaluation found that the Sunday school teachers’ understanding and mastery of Christian education learning method are good. On the input evaluation, the availability of the educators and students is in Excellent category (100%), the facilities used are quite adequate, Sunday school teachers acknowledge variety of Christian education strategies, the budgeting plan is on the Very Poor category. The process evaluation of Christian education learning method in Sunday school is on the Good category, due to the minimum use of methods, have not own and use a curriculum (book) and the minimum use of teaching material. From the product evaluation, the researcher found that the teachers got the fine results. The evaluation result show that Sunday school teachers are not yet understood the importance of the evaluation on Christian education learning method in Sunday school. Keywords:evaluation, learning methods, Christian education, Sunday school
Item Type: | Thesis (S2) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION EDUCATION |
||||||||||||
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA > Magister Pendidikan Agama Kristen | ||||||||||||
Depositing User: | Ms Mentari Simanjuntak | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2021 03:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2021 03:24 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4598 |
Actions (login required)
View Item |