PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS ANGKASA 2 JAKARTA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI KOLOID TAHUN AJARAN 2017/2018

Kastria, Wiwik Putri and Sormin, Elferida (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS ANGKASA 2 JAKARTA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI KOLOID TAHUN AJARAN 2017/2018. In: SEMINAR NASIONAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text
PENINGKATANHASILBELAJARKIMIASISWAKELASXI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar kimia siswa di Indonesia tahun ajaran 2016/2017 hanya mencapai nilai rata – rata 33,4 % dari nilai standar 5,5 (Kemdikbud, 2017). Hal ini sejalan dengan hasil observasi melalui wawancara terhadap guru kimia SMA Angkasa 2 Jakarta yaitu hasil belajar kimia masih rendah dengan nilai rata-rata UN Kimia tahun 2016/2017 belum mencapai standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas XI dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan statistik inferensia. Metode pembelajaran tutor sebaya merupakan variabel bebas sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah two group pretest posstest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Angkasa 2 yang dibagi dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dari dua kelas yaitu kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed)> 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi hasil belajar kimia pada topik koloid siswa kelas XI MIA3 SMA Angkasa 2 tidak dapat meningkat dengan metode pembelajaran tutor sebaya

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: SCIENCE > Chemistry
Depositing User: Mr. Edi Wibowo
Date Deposited: 10 May 2021 10:29
Last Modified: 10 May 2021 10:29
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4394

Actions (login required)

View Item View Item