Kada’di, Edyshon and Simbolon, Bintang R. (2021) Pengaruh Pembinaan Karakter, Lingkungan Organisasi dan Pelatihan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1). pp. 437-447. ISSN 2614 3097
Text
PengaruhPembinaanKarakterLingkunganOrganisasidanPelatihanGuruTerhadapPrestasiBelajarSiswaSMPNegeri1Rantepao.pdf Download (334kB) |
|
Text (Reviewer)
ReviewerPengaruhPembinaanKarakterLingkunganOrganisasidanPelatihanGuruTerhadapPrestasiBelajarSiswaSMPNegeri1Rantepao.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembinaan karakter terhadap prestasi belajar siswa, mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan organisasi terhadap prestasi belajar siswa, seberapa besar pengaruh pelatihan terhadap prestasi belajar siswa, dan mengetahui seberapa besar pengaruh pembinaan karakter, lingkungan organisasi dan pelatihan terhadap prestasi belajar siswa pada SMP Negeri 1 Rantepao. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode deskriptif menggambarkan keadaan data tanpa mengurangi atau menambahkan data secara apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara pengelolaan kelas dan perkembangan karakter adalah 0,328 yang jika dikategorikan berada pada kategori lemah. sementara nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 dimana kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan variabel pengelolaan kelas dan perkembangana karakter signifikan. sementara nilai R Square atau nilai koefisien determinasi sebesar 0,108. Artinya persentase ukuran kemampuan variabel pengelolaan kelas menjelaskan variasi variabel perkembangana karakter pada SMKN 1 Toraja Utara sebesar 10,8% sementara selebihnya ditentukan oleh variabel/faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr. Edi Wibowo |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 10:23 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 10:23 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4333 |
Actions (login required)
View Item |