Tiku, Ardiana and Simbolon, Bintang R. and Kailola, Lisa Gracia (2021) Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pengembangan Karier Terhadap Kepuasan Kerja Guru (Studi Kasus Di SMA Kristen Barana Kabupaten Toraja Utara). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1). pp. 465-474. ISSN 2614 3097
Text
PengaruhEfektivitasKepemimpinanKepalaSekolahDanPengembanganKarierTerhadapKepuasanKerjaGuru.pdf Download (314kB) |
|
Text (Reviewer)
ReviewerPengaruhEfektivitasKepemimpinanKepalaSekolahDanPengembanganKarierTerhadapKepuasanKerjaGuru.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMA Kristen Barana; 2)pengaruh pengembangan karier terhadap kepuasan kerja guru di SMA Kristen Barana; 3)pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan pengembangan karier terhadap kepuasan kerja guru di SMA Kristen Barana.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatakn penelitian korelasi sebab akibat.Sampel diperoleh dengan sampling jenuh yaitu semua guru di SMA Kristen Barana yang berjumlah 39 orang.Data diperoleh melalui instrument penelitian berupa kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru dengan uji -t diperoleh 0,001<0,005 dengan pengaruh sebesar 37,1%; 2) terdapat pengaruh positif dansignifikan pengembangan karier terhadap kepuasan kerja dengan uji -t 0,041<0,05 dengan pengaruh sebesar 22,6%; 3) terdapat pengaruh positis signifikan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan pengembangan karier secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru di SMA Kristen Barana dengan uji -F di peroleh nilai 0,000<0,05 dengan pengaruh sebesar 44,1%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr. Edi Wibowo |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 10:08 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 10:08 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4332 |
Actions (login required)
View Item |