FARMAKOTERAPI INTEGRATIF Suatu Model Pembelajaran Farmakoterapi

Simatupang, Abraham (2017) FARMAKOTERAPI INTEGRATIF Suatu Model Pembelajaran Farmakoterapi. Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, Indonesia, Jakarta. ISBN 978 602 1651 75 9

[img] Text
Final Buku Farmakoterapi REV OK EMAIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pertama-tama penulis mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yesus yang telah dan selalu memberikan rahmat dan karunia, yang dirasakan oleh penulis setiap saat, termasuk ketika merancang dan menulis buku referensi ini. R eferensi ini tentang metode pembelajaran farmakoterapi. Farmakoterpai merupakan salah satu ilmu tentang obat dan pengobatan yang diajarkan di fakultas kedokteran. Farmakoterapi merupakan kelanjutan dari farmakologi, karena topik yang dipelajari dalam farmakoterapi sudah dikaitkan dengan terapi suatu penyakit, dan ini merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki setiap dokter. Pada saat dokter menulis resep atau memberikan instruksi pengobatan, maka persoalannya bukan hanya menuliskan daftar obat dengan jumlah, dosis dan cara pakainya, namun sejauh mana obat tersebut sudah dipilih secara rasional, berdasarkan pertimbangan yang kritis dengan mempertimbangkan tidak hanya diagnosis, namun banyak aspek, Singkat kata, pemilihan dan penulisan resep merupakan proses pengambilan keputusan (decision making process) oleh dokter yang didasari a.l. efikasi, keamanan, kecocokan dan biaya yang harus ditanggung oleh pasien atau ke- luarganya. Hal yang perlu juga diperhatikan adalah tujuan terapi karena dengan menetapkan tujuan terapi yang jelas, terukur, maka proses pengambilan keputusan dalam memilih obat menjadi lebih mudah.

Item Type: Book
Subjects: MEDICINE > Therapeutics. Pharmacology
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 19 Nov 2018 10:32
Last Modified: 19 Nov 2018 10:32
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item