Pengaruh Pengganti Sulfur Pada Filler Berbagai Persentase Sulfur Pada Uji Campur Aspal Dengan Modifikasi Aspal

Melisa, Reyski (2019) Pengaruh Pengganti Sulfur Pada Filler Berbagai Persentase Sulfur Pada Uji Campur Aspal Dengan Modifikasi Aspal. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI

Download (431kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka

Download (223kB)

Abstract

Salah satu cara untuk mengurangi kerusakan struktur perkerasan jalan adalah dengan meningkatkan mutu aspal yang digunakan. Dalam upaya peningkatan mutu aspal dilakukan penambahan bahan aditif, seperti polimer. Penelitian ini menggunakan aspal modifikasi 6% plastik HDPE yang ditentukan dari penelitian yang terdahulu kemudian dilakukan pengujian dengan berbagai persentase sulfur pengganti abu batu. Dari hasil penelitian menggunakan Uji Marshall Test dengan variasi kadar sulfur 0%, 3%, 5%, dan 7% dengan kadar aspal modifikasi 6% plastik HDPE. Penelitian ini melakukan perendaman berulang (basah dan kering). Semua benda uji dengan variasi sulfur yang berbeda memiliki nilai volumentrik yang semuanya masih memenuhi syarat kecuali dalam hal VFA. Hasil pengujian pada penambahan 5% sulfur dengan campuran aspal modifikasi 6% plastik HDPE adalah persentase optimum sulfur pada aspal (normal) yang memiliki stabilitas dan kelenturan yang lebih baik dari seluruh sampel uji. Hasil pengujian pada penambahan 0% sulfur dengan campuran aspal modifikasi 6% plastik HDPE adalah persentase optimum sulfur pada aspal (perendaman) yang paling sedikit mengalami perubahan dalam hal stabilitas dan kelenturan. Kata Kunci : aspal modifikasi, plastik, sulfur, stabilittas, kelenturan, uji marshall. One way to reduce damage of the pavement structure is to improve the quality of asphalt used. In an effort to improve the quality of the asphalt, additives are added, such as polymers. This study uses asphalt modification of 6% HDPE plastic which was determined from previous studies and the tested with various peercentages of sulfur substitutes for stone ash. From the results of research using the Marshall Tet with variations in sulfur content of 0%, 3%, 5%, and 7% with 6% modified asphalt content of HDPE plastic. This research did repetitive soaking (wet and dry). All specimens with different variations of sulfur have volumetric values all of which still qualify except in the case of VFA. The test results on the addition of 5% sulfur with a modified asphalt mixture of 6% HDPE plastic is the optimum percentage of sulfur on asphalt (normal) which has better stability and flexibility than all test samples. The test results on the addition of 0% sulfur with a modified asphalt mixture of 6% HDPE plastic is the optimum percentage of sulfur on asphalt (soaking) which has the least change in terms of stability and flexibility. Keywords : modified asphalt, plastic, sulfur, stability, flexibility, marshall test.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimanjuntak, Risma M.NIDN312125805UNSPECIFIED
Subjects: TECHNOLOGY > Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: FAKULTAS TEKNIK > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:31
Last Modified: 10 Mar 2021 03:31
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item