Tinjauan terhadap lampu Fluorescent (Lampu TL) Ballast Konvensional tanpa dan Dengan Kapasitor Serta Ballast Elektronik dari Berbagai Merek

Soebagio, Atmonobudi and Purba, Robinson and Widodo, Bambang (2011) Tinjauan terhadap lampu Fluorescent (Lampu TL) Ballast Konvensional tanpa dan Dengan Kapasitor Serta Ballast Elektronik dari Berbagai Merek. [Experiment] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
B6-Laporan Penelitian Lampu Fluorescent (Lampu TL) Ballast Konvensional dan Ballast Elektronik.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini hampir semua lampu fluorescent menggunakan ballast konvensional yang secara umum jenis ballast ini mempunyai faktor daya rendah. Untuk menghemat energi listrik, masyarakat disarankan menggunakan peralatan listrik yang lebih efisien pada sektor rumah tangga, misalnya alat penerangan menggunakan lampu hemat energi (LHE). Lampu hemat energi adalah lampu jenis fluorescent atau lebih dikenal dengan lampu neon yang ballastnya (ballast konvensional) diganti dengan ballast elektronik. Penelitian dilakukan terhadap ballast konvensional dalam rangka melihat pengaruh perbaikan faktor daya pada ballast konvensional (faktor daya yang sama dengan faktor daya ballast elektronik) dimana perbaikan faktor daya dilakukan dengan menggunakan kapasitor yang dihubungkan secara paralel dengan lampu TL. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan kapasitor pada ballast konvensional 18 W maupun 36 W untuk membuat faktor daya sama dengan faktor ballast elektronik dapat memperkecil konsumsi daya. Konsumsi daya pada ballast konvensional baik tanpa kapasitor dan dengan kapasitor lebih besar dari ballast elektronik. Kuat cahaya yang dihasilkan lampu 18 W dengan ballast konvensional lebih besar baik dari pada ballast elektronik, sedangkan untuk lampu 36 W ballast elektronik lebih besar dari dengan ballast konvensional. Penurunan tegangan dari 220 volt ke 208 volt menyebabkan penurunan konsumsi arus dan daya serta kuat cahaya juga turun, namun demikian lampu masih berfungsi dengan baik.

Item Type: Experiment
Subjects: TECHNOLOGY > Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > Electric lighting
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 03 Jul 2018 03:49
Last Modified: 03 Jul 2018 03:49
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item