Pengaruh konsep diri terhadap pemecahan masalah bagi siswa kelas X di SMA Negeri Jakarta Timur

Ernawati, Renatha (2015) Pengaruh konsep diri terhadap pemecahan masalah bagi siswa kelas X di SMA Negeri Jakarta Timur. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8 (3). pp. 191-198. ISSN 1410 4695

[img]
Preview
Text (Vol.8 No.3)
document(2).pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp

Abstract

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 8 sekolah dan total siswanya sejumlah 295 siswa. Dengan tehnik random sampling diperoleh sampel uji coba sebanyak 40 siswa dan sampel penelitian sebanyak 60 siswa.Untuk mendapatkan jawaban permasalahan skripsi ini penulis menggunakan metode survei dan metode korelasi. Yang dimaksud dengan metode korelasi adalah mencari hubungan antara variabel X yang menjadi variabel bebas dan variabel Y yang menjadi variabel terikat. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengaruh konsep diri terhadap pemecahan masalah bagi siswa di SMAN Jakarta Timur. Dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,707 yang menunjukkan bahwa korelasi kedua variabel adalah kuat, dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,499. Hal ini berarti bahwa variabel konsep diri mempengaruhi pemecahan masalah siswa sebesar 49,9%, sedangkan sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION > Special aspects of education > Social aspects of education
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:14
Last Modified: 30 Oct 2018 02:14
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item