Blended Learning Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (Guru) Di Program Studi Managemen Pendidikan Di Universitas Kristen Indonesia (Studi Kasus Di Toraja Utara)

Limbong, Mesta (2020) Blended Learning Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (Guru) Di Program Studi Managemen Pendidikan Di Universitas Kristen Indonesia (Studi Kasus Di Toraja Utara). In: UKI UNTUK NEGERI : Tantangan dan Peluang Indonesia dalam Bidang Sosial dan Sains pada Era Revolusi Industri 4.0. UKI Press, Jakarta, pp. 142-155. ISBN 978 623 7256 71 7

[img] Text
LENDEDLEARNINGMENINGKATKANKUALITASSUMBERDAYAMANUSIA.pdf

Download (14MB)
[img] Text
ReviewerBlendedLearningMeningkatkan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Universitas Kristen Indonesia melalui Program Studi Managemen Pendidikan memanfaatkan peluang dengan hadirnya regulasi dari Kemenristek Dikti 51 tahun 2019 tentang adanya peluang bagi institusi/lembaga mengembangkan pembelajaran dengan memanfatkan teknologi untuk mencerdaskan bangsa. Pemerintah memerlukan rekan kerja untuk dapat mengapai cita-cita yang dimaksud, yaitu untuk mencerdasakan bangsa sampai ke pelosok-pelosok. Untuk itu, guru sebagai garda terdepan perlu dibekali dengan optimal, apakah pendidikan formal maupun pendidikan lainnya yang dapat meningkatkan ketrampilan. Kesulitan utama para guru adalah membagi waktu. Guru-guru harus mampu melakukan trobosan baru, bagaimana caranya mendapat kesempatan untuk meningkatkan kompetensi yang optimal sebagai guru, tanpa meninggalkan tugas utama. Oleh karena itu, memanfaatkan teknologi dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampua profesional tanpa harus meninggalkan tugas. Jika tidak melakukan pengembangan kompetensi maka akan menimbulkan kesenjangan antar guru dan peserta didik yang paham teknologi. Program pembelajaran ini bertujuan untuk memberi peluang bagi para guru mengikuti pendidikan managemen/admnistrasi pendidikan. Aktivitas pembelajaran jarak jauh untuk mata kuliah dengan cara “blenden Learning”. diharapkan dapat menjembatani kebutuhan para guru. Jarak dan waktu bukan lagi menjadi kendala dalam peningkatan kompetensi sebagai guru berkualitas. Dengan memanfaatkan kesempatan mengembangkan ketrampilan baru dan tetap memperhatikan nilai yang dapat membangun karakter,seperti: disiplin, tanggung jawab dan kemandirian sebagai modal utama agar pembelajaran dengan blenden learning berhasil. Kata kunci: Kualitas Guru, Blended learning

Item Type: Book Section
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:23
Last Modified: 24 Mar 2021 06:17
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3841

Actions (login required)

View Item View Item