PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENGGUNAAN TIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH DI JAKARTA DAN SEKITARNYA

Pardede, Parlindungan and Sunarto, Sunarto (2020) PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENGGUNAAN TIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH DI JAKARTA DAN SEKITARNYA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13 (3). 226 -237. ISSN 2620 3952

[img] Text
PERSEPSIGURUDANSISWATERHADAPPENGGUNAANTIK.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BKD)
PenelitianPersepsiGuru.pdf

Download (981kB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp

Abstract

Potensi besarnya untuk memfasilitasi pembelajaran telah membuat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berkembang sebagai salah satu terobosan utama di sektor pendidikan di Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi persepsi guru dan siswa terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran di sekolah menegah di Jakarta dan sekitarnya. Untuk mencapai tujuan itu, data dikumpulkan dari 34 guru dan 424 siswa dari 15 sekolah menengah di Jakarta melalui survey dengan satu kuesioner guru dan satu kuesioner siswa, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa memiliki persepsi yang sama dalam beberapa aspek penggunaan TIK dalam pembelajaran dan persepsi berbeda dalam beberapa aspek lainnya. Guru dan siswa berpersepsi positif dengan tingkat persetujuan yang tinggi terhadap (1) potensi penggunaan TIK untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa; (2) manfaat penggunaan TIK dalam pembelajaran; (3) manfaat edukasional TIK; (4) dan keyakinan atas penguasaan kompetensi TIK. Data juga menunjukkan bahwa guru dan siswa memiliki intensitas penggunaan TIK yang rendah dalam pembelajaran namun intensitas yang tinggi untuk tujuan hiburan. Selain itu, Guru memandang kemampuan mereka menggunakan TIK untuk pembelajaran ‘rendah’, sedangkan siswa, ‘tinggi’.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 02 Mar 2021 09:30
Last Modified: 02 Mar 2021 09:38
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3767

Actions (login required)

View Item View Item