Peran Kerjasama Antara Orangtua Dengan Sekolah Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Gunawan, Ronny (2014) Peran Kerjasama Antara Orangtua Dengan Sekolah Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN KONSELING: Harmony For Special Needs. Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Kristen lndonesia, Indonesia, Jakarta, pp. 123-131. ISBN 978 602 71431 0 4

[img]
Preview
Text
scan4-seminarnasional-uki.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://repo.uki.ac.id

Abstract

Pendidikan anak berkebutuhan khusus merupakan pendidikan yang sangat unik, karena pendidikan anak berkebutuhan khusus merupakan pendidikan bukan hanya dilakukan seperti layaknya untuk peserta didik normal, namun ada treatmenttreatment tambahan Dalam menerapkan treatment- treatment tersebut perlu adanya sinergi atau kerjasama sama orangtua dengan sekolah di mana peran kerjasama di sini memiliki arti yang sangat penting dalam menumbuhkembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri anak berkebutuhan khusus. Kerjasama tersebut dapat ditekankan melalui komunikasi yang efektif baik lisan maupun tertulis melalui buku penghubung yang ditulis oleh guru. Sinergi tersebut dapat berupa pola pembelajaran yang sesuai antara sekolah dengan orangtua seperti dalam penerapan disiplin, makanan -yang perlu di konsumsi oleh anak berkebutuhan khusus. permainan edukatif ucapan-ucapan guru dengan ucapan ucapan oranglua di rumah. Guru merupakan indikator penting dalam mengefektifkan kerjasama tersebut, karena gurulah yang terlibat langsung datam mendidik anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Book Section
Subjects: EDUCATION > Special aspects of education > Education of special classes of persons > Exceptional children and youth. Special education > Children and youth with di sabilities. Learning disabled children and youth
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 25 Oct 2018 10:28
Last Modified: 25 Oct 2018 10:28
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item