Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X pada Materi Reaksi Oksidasi dan Reduksi Melalui Penerapan Metode Talking Stick

Azzahra, St Fatimah (2019) Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X pada Materi Reaksi Oksidasi dan Reduksi Melalui Penerapan Metode Talking Stick. In: Seminar Nasional Taman Siswa Bima. STKIP Taman Siswa Bima, 165 -171. ISBN 2686 1879

[img] Text
PeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaSMAKelasX.pdf

Download (127kB)
[img] Text (Reviewer)
PenilaianReviewerPeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaSMAKelasX.pdf

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X pada materi reaksi oksidasi reduksi pada tahun ajaran 2018/2019 menggunakan metode talking stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi sehingga penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, aktivitas, serta peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di salah satu SMA Kota Tangerang Selatan yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes essay, lembar observasi, aktivitas guru, aktivitas siswa, catatan lapangan dan wawancara. Kemampuan berpikir kritis siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan dan mempertimbangkan alternatif jawaban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan, terlihat pada siklus I sebesar 10%, siklus II sebesar 26,92% dan siklus III 92,30%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode talking stick dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi reaksi oksidasi dan reduksi.

Item Type: Book Section
Subjects: SCIENCE > Chemistry
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 19 Feb 2021 09:25
Last Modified: 19 Feb 2021 09:25
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item View Item