Hubungan Antara Penggunaan Gadget DenganInteraksi Sosial Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 44Jakarta Timur

Belinta, Ceca Dea (2018) Hubungan Antara Penggunaan Gadget DenganInteraksi Sosial Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 44Jakarta Timur. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambar.pdf

Download (705kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (542kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (316kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (672kB)

Abstract

Gadget memiliki fungsi yang baik untuk mendukung aktivitas sehari-hari sehingga mempermudah individu untuk memenuhi kebutuhannya terlebih mempermudah dalam berkomunikasi. Tetapi jika penggunaan gadget tidak dapat dikontrol dengan baik maka dapat berdampak negatif bagi individu terlebih dalam aktivitas sosialnya yaitu interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gadget dengan interaksi sosial siswa kelas XI di SMA Negeri 44 Jakarta Timur. Untuk memperoleh data penelitian tersebut, membuat instrument yang berupa kuesioner penggunaan gadget dengan interaksi sosial. Instrument kuesioner tersebut terdiri dari masing-masing 22 butir soal dan 23 butir soal yang telah diuji validitasnya dan subjek sampel dalam penelitian berjumlah 73 orang dengan menggunakan teknik random sampling dari jumlah populasi yaitu 266 orang. Guna mengetahui apakah data berdistribusi normal dengan menggunakan alat bantu pada program SPSS 21.0 dan Microsoft Excel 2013. Hasil nilai regresi pada angka R diperoleh sebesar diperoleh 0,800 bersifat kuat dan terdapat hubungan yang positif dan hasil ANOVA di dapat Fhitung yaitu 663,621 dengan signifikansi sebesar 0,000 <0,05 bahwa Ha diterima Ho ditolak. Determinasi varians didapatkan bahwa 73% penggunaan gadget memiliki hubungan dengan interaksi sosial. Berdasarkan signifikasi pada persamaan regresi diperoleh 0,000 < 0,05 diketahui bahwa variabel penggunaan gadget memiliki hubungan dengan variabel interaksi sosial, sehingga model regresinya adalah Ŷ = 5,340 + 0,969 X bahwa apabila variabel penggunaan gadget naik satu tingkat maka variabel interaksi sosial akan naik satu tingkat juga. Kata kunci : Gadget, Interaksi sosial, dan Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTyas, E. HandayaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGunawan, RonnyNIDN0309107701UNSPECIFIED
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Psychology
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:38
Last Modified: 10 Feb 2021 06:38
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item