Meningkatkan Intensitas Kegiatan Menggambar Bebas Melalui Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 6 Tahun Di TK B Kristen Berkat Jatinegara Jakarta Timur

Elvyanty, Ida (2015) Meningkatkan Intensitas Kegiatan Menggambar Bebas Melalui Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 6 Tahun Di TK B Kristen Berkat Jatinegara Jakarta Timur. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiran.pdf

Download (578kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (170kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (6MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal: Apakah dengan dilakukannya kegiatan menggambar bebas dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak. Penelitian ini dilakukan di TK B Kristen Berkat, Jatinegara. Jakarta Timur pada bulan Mei 2015. Responden sebanyak 10 siswa, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak meningkatnya kecerdasan visual spasial anak usia 6 tahun di TK B Kristen Berkat dengan diberikannya kegiatan menggambar bebas. Sebelum mengadakan siklus peneliti mengadakan pra penelitian skor rata – rata anak pada pra penelitian 32,3, sebelum tindakan peneliti mengobservasi ada terdapat beberapa anak yang belum terasah kecerdasan visual spasial sehingga menjadi dasar peneliti mengadakan 3 siklus. Skor yang ingin dicapai peneliti pada setiap masing – masing anak adalah 80. Siklus1 penelitian anak – anak sudah mulai meningkat kecerdasan visual spasial dari pra penelitian skor rata – rata 32,3 pada siklus 1 skor rata – rata 46,5. Akan tetapi masih ada beberapa anak yang asal – asalan dalam menciptakan gambar, tidak fokus dan anak yang belum dapat merealisasikan apa yang ada dalam pikirannya ke dalam sebuah hasil karya, peneliti kurang puas dengan hasilnya karena pasti masih bisa mencapai skor 80 pada masing – masing anak dan peneliti mengadakan siklus 2. Pada siklus 2 anak – anak sudah mulai meningkat dari sebelumnya siklus 1, ada beberapa anak yang sudah mulai merealisasikan kedalam sebuah hasil karya akan tetapi ada pula anak yang masih belum dapat merealisasikan kedalam sebuah hasil karya. Masih asal – asalan dalam menciptakan gambar, tidak fokus. Sehingga skor rata – rata yang didapat mencapai skor 58. Anak – anak belum dapat mencapai skor 80 nilai masing – masing belum mencapai skor yang diinginkan oleh peneliti. Kurang puas dengan hasil yang didapat oleh anak – anak peneliti ingin mengadakan siklus 3. Agar anak – anak dapat lebih kreatif dan dapat memvisualisasikan apa yang dipikirkanya ke dalam sebuah hasill karya. Peneliti memutuskan untuk mengadakan siklus 3 agar lebih maksimal dan peningkatannya lebih singnifikan.Pada siklus 3 peneliti sangat bangga dengan hasil skor yang dicapai oleh anak - anak TK B Kristen Berkat karena mengalami peningkatan skor yang sangat singnifikan, skor yang didapat melebihi apa yang ingin dicapai penulis rata - rata anak mengalami peningkatan yang tinggi skor rata – rata yang di peroleh adalah 89,1. Anak – anak siklus 3 mengalami peningkatan yang bagus, anak – anak semakin kreatif dalam menciptakan hasil karya, dapat memvisualisasikan apa yang ada dalam pikirannya, semakin peka pada garis, bentuk, warna. Akhirnya hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan kegiatan menggambar bebas dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak. anak menjadi kreatif dalam menciptakan gambar, dapat merealisasikan gambar yang ada dalam pikiranya ke dalam sebuah hasil karya dan anak yang memiliki kecerdasan visual spasial yang tinggi sering kali disebut anak cerdas gambar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTyas, E. HandayaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGunawan, RonnyNIDN0309107701UNSPECIFIED
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Psychology
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:36
Last Modified: 08 Feb 2021 07:36
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3259

Actions (login required)

View Item View Item