Simanjuntak, Familia Novita (2019) PEMBELAJARAN BERBASIS KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SEBAGAI PENYEIMBANG DAMPAK REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN KIMIA FKIP PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA.
Text
Pembelajaranberbasiskimiadalamkehidupansehari.pdf Download (377kB) |
Abstract
Zaman revolusi industri 4.0 identik dengan produk-produk otomatis berbasis elektronik dan teknologi informasi (TI) yang dapat memberi hasil relatif cepat dalam waktu singkat. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan kondisi pendidikan yang mengutamakan proses dalam kurun waktu yang lebih panjang sesuai dengan kapasitas peserta didik. Dengan demikian, revolusi industri 4.0 memberi tantangan sekaligus peluang bagi dunia pendidikan dalam perwujudan capaian lulusan yang dapat mengimbangi dampak revolusi industri 4.0 sekaligus bermanfaat di semua dimensi kehidupan. Makalah ini bertujuan untuk mengkaji secara kritis melalui literatur terkait pembelajaran berbasis kimia dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu pendekatan pembelajaran IPA di pendidikan dasar atau pembelajaran kimia di pendidikan menengah dan tinggi. Kajian kritis ini membahas tentang pembelajaran berbasis kimia dalam kehidupan sehari-hari sebagai pembelajaran sains di sekolah dan perguruan tinggi untuk mengimbangi dampak revolusi industri 4.0 pada proses pembelajaran sains mencakup pemanfaatan produk otomatis yang berpengaruh positif terhadap kebutuhan peserta didik dan tenaga pendidik. Pembahasan juga dilanjutkan pada pembelajaran berbasis kimia dalam kehidupan sehari-hari sebagai penyeimbang dampak revolusi industri 4.0 pada pembentukan soft skill peserta didik yang dapat diarahkan pada sikap dan perilaku ramah lingkungan dalam rangka perwujudan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia, khususnya pada sasaran pendidikan yang berkualitas.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Subjects: | SCIENCE > Chemistry |
Depositing User: | Mr. Admin Repository |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 07:44 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 07:46 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3215 |
Actions (login required)
View Item |