PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMAN 92 JAKARTA

Junita, Yohana and Purba, Leony Sanga Lamsari (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMAN 92 JAKARTA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12 (1). pp. 41-54. ISSN 2620 3952

[img] Text
PENINGKATANHASILBELAJARKIMIA.pdf

Download (650kB)
[img] Text (Reviewer)
REVIEWERPENINGKATANHASILBELAJARKIMIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Haki)
HAKIYohanadanLeony20201.pdf

Download (765kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan desain pre-test and post-test only control. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 92 Jakarta Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 58 siswa yang ditentukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes soal. Uji Hipotesis yang dilakukan dengan uji parametrik yaitu uji paired samples t test pada taraf signifikan 0,05 dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian ini memperoleh t hitung sebesar 36,286 dan nilai signifikan 0,00. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di SMAN 92 Jakarta. (2) Peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan meggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share sebesar 0,7 dalam kategori N-gain, bila dibandingkan dengan model konvensional sebesar 0,67.

Item Type: Article
Subjects: SCIENCE > Chemistry
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 21 Jan 2021 10:15
Last Modified: 03 Mar 2021 13:04
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3129

Actions (login required)

View Item View Item