Aruan, Yusnita and Tampubolon, Manahan P and Sihotang, Hotmaulina (2021) Peran Orang Tua Dan Peran Guru Terhadap Pendidikan Karakter. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5 (1). pp. 214-225. ISSN 2597 5064
Text
PeranOrangTuaDanPeranGuruTerhadapPendidikanKarakter.pdf Download (324kB) |
|
Text (Reviewer)
ReviewerPeranOrangTuaDanPeranGuru.pdf Download (291kB) |
|
Text (Hasil Cek Turnitin)
TurnitinPeranOrangTuaDanPeranGuruTerhadapPendidikanKarakter.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan yang diajarkan dalam sekolah Advent adalah pendidikan yang berlandaskan iman dan suka melayani yang fungsinya agar dalam diri manusia mencerminkan karakter Sang Khalik Pencipta. Dalam proses mewujudkan manusia dewasa yang seutuhnya, sehat dalam jasmani, pikiran, rohani dan sosial, kepirbadian seperti ini akan terbentuk dan terwarnai dari apa yang mereka lihat di sekelilingnya, misalnya orang tua (keluarga), guru (sekolah), dan lingkungannya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat pengaruh Peran Orang Tua dan Peran Guru terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Pada penelitian ini pengumpulan data secara kualitatif dengan teknik kuisioner bertujuan untuk mengetahui secara obyektif peran orang tua dan peran guru terhadap pendidikan karater siswa pada studi kasus Guru SMP dan SMA Advent se-DKI Jakarta. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Peran Orang Tua dengan Pendidikan Karakter Siswa; terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Peran Guru dengan Pendidikan Karakter Siswa; terdapat pengaruh yang positif dan signifikan serta berkorelasi lemah antara Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Karakter Siswa jika Peran Guru dikendalikan; terdapat pengaruh yang positif dan signikan serta berkorelasi kuat antara Peran Guru terhadap Pendidikan Karakter Siswa jika Peran Orang Tua dikendalikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr. Admin Repository |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 04:54 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 07:51 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3109 |
Actions (login required)
View Item |