Mempersiapkan Blended Learning Melalui Pelatihan Pembuatan E-Modul untuk Guru Madrasah Tsanawiyah YAPPI Mulusan

Masta, Ngia and Lumbantobing, Septina Severina and Guswantoro, Taat and Faradiba, Faradiba and Malau, Nya Daniaty (2020) Mempersiapkan Blended Learning Melalui Pelatihan Pembuatan E-Modul untuk Guru Madrasah Tsanawiyah YAPPI Mulusan. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 2 (1). 265 -281. ISSN 2656 67710

[img] Text
MempersiapkanBlendedLearning.pdf

Download (511kB)
[img] Text (Reviewer)
PeereviewJurnalMempersiapkanBlendedLearning.pdf

Download (199kB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cs/article/vie...

Abstract

Penggunaan e-modul dalam pendekatan blended learning mutlak diperlukan agar siswa dapat mengakses sumber belajar sesuai kurikulum. Namun eksistensi e-modul masih belum luas dikenal pada kalangan guru. Untuk itu, dilakukan pelatihan pembuatan e-modul menggunakan software SIGIL kepada guru-guru di MTs YAPPI Mulusan, dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UKI. Sebagai evaluasi digunakan angket kepuasan partisipan terhadap pelatihan. Adapun temuan hasil survey diantaranya: 1) Seluruh partisipan sangat setuju bahwa pelatihan pembuatan e-modul bermanfaat dalam pembelajaran; 2) Sebanyak 87,5% partisipan setuju bahwa software SIGIL dapat digunakan secara sederhana dalam membuat e-modul, sementara terdapat 50% partisipan sangat setuju bahwa software SIGIL bersifat kebaruan; 3) Sebanyak 71,9% partisipan puas atas kebermanfaatan e-modul yang dihasilkan dari pelatihan; dan 4) Sebanyak 95,6% partisipan puas terhadap instruktur. Demikian PKM ini telah dilaksanakan dengan baik, diharapkan para guru mampu mengembangkan e-modul dalam mempersiapkan blended learning.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:05
Last Modified: 15 Feb 2021 02:20
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item View Item