PENGARUH INVENTORY TURNOVER DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016

Tambunan, Agustri (2017) PENGARUH INVENTORY TURNOVER DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Cover_Daftar Isi_Abstrak)
Cover_Daftar Isi_Abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengesahan)
Pengesahan.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh inventory turnover (ITO) dan total asset turnover (TATO) secara parsial terhadap profitabilitas perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016? Serta bagaimana pengaruh inventory turnover (ITO) dan total asset turnover (TATO) secara simultan terhadap profitabilitas perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inventory turnover (ITO) dan total asset turnover (TATO) secara parsial terhadap profitabilitas perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016 dan untuk pengaruh inventory turnover (ITO) dan total asset turnover (TATO) secara simultan terhadap profitabilitas perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang digunakan penulis, sehingga sampel dalam peneltian ini sebanyak 9 perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta pengujian hipotesis yaitu uji t dan uji F. Hasil uji t diperoleh nilai signifikan Inventory Turnover (ITO) lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditentukan (0,004<0,05), hal ini menunjukan bahwa Inventory Turnover (ITO) berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). Nilai signifikan Total Asset Turnover (TATO) lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditentukan (0,043<0,05), hal ini menunjukan bahwa Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA). Hasil uji F diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditentukan (0,016<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa inventory turnover dan total asset turnover secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA) perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Saran dari penulis bagi penelitian selanjutnya diharapkan menambah variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini yang dapat mempengaruhi profitabilitas (ROA). Karena sangat memungkinkan variabel independen lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini berpengaruh kuat terhadap profitabilitas (ROA). Selain itu penelitian mendatang dapat menggunakan sampel dengan karakteristik yang beragam dan jumlah sampel yang lebih banyak, serta periode pengamatan yang lebih lama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Industries. Land use. Labor > Management. Industrial management > Costs
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > Manajemen
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:35
Last Modified: 09 Oct 2018 04:44
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item