PENGGUNAAN APLIKASI SCHOOLOGY PADA SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KIMIA SISWA SMA PUSAKA 1 JAKARTA

Simatupang, Nova Irawati and Maria, Fenny and Sormin, Elferida (2020) PENGGUNAAN APLIKASI SCHOOLOGY PADA SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KIMIA SISWA SMA PUSAKA 1 JAKARTA. EKSAKTA, 5 (2). pp. 153-160. ISSN 2598 2400

[img] Text
DokumenEksakta0820.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Reviewer)
PeerReviewEksakta0820.pdf

Download (403kB)
Official URL: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/in...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada peningkatan minat siswa dalam belajar kimia melalui penggunaan aplikasi schoology. (2) mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar kimia siswa melalui penggunaan aplikasi schoology. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dimana sampel dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol yang terdiri dari 38 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 38 siswa. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan sekolah aplikasi, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa aplikasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan signifikansi 0,05 diperoleh hasil thitung (5,561)> ttabel (2,377) dan nilai signifikan 0,00 <0,05. Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan berbantukan SPSS untuk Windows Versi 22.0. Berdasarkan analisis diketahui bahwa ada peningkatan minat siswa dalam mempelajari kimia dengan menggunakan aplikasi schoology. Adapun besar peningkatan minat belajar kimia siswa setelah menggunakan aplikasi schoology yang dihitung dengan hasil tes gain diperoleh sebesar 35,5% yang diklasifikasi dalam kategori sedang.

Item Type: Article
Subjects: SCIENCE > Chemistry
Depositing User: Mr. Admin Repository
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:49
Last Modified: 09 Sep 2020 02:49
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item