Penerapan metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi

Simatupang, Nova Irawati (2017) Penerapan metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia, 9 (2). pp. 318-322. ISSN 2085 3653

[img] Text
DokumenJPKim0817.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Reviewer)
PeerReviewJPKim0817.pdf

Download (459kB)
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi melalui penerapan metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelas VIII SMP PENABUR Secondary Tanjung Duren tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 56 orang dan terdiri dari 3 kelas. Sampel dipilih secara acak dengan jumlah masing-masing 17 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal essay test. Uji hipotesis dilakukan dilakukan dengan uji t-test dengan taraf signifikansi 0.05 menggunakan aplikasi spss. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa melalui uji hipotesis diperoleh nilai sig 0.033 < 0.05; data penelitian terdistribusi normal dengan nilai sig 0.843 > 0.05, serta menunjukkan homogenitas dengan nilai sig. = 0.953 > 0.05. Terdapat peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan metode eksperimen sebesar 77,5%.

Item Type: Article
Subjects: SCIENCE > Chemistry
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 04 Sep 2020 12:57
Last Modified: 04 Sep 2020 12:57
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2584

Actions (login required)

View Item View Item