Masta, Ngia The Role of The Flipped Classroom in Promoting Multidimensional Learning Outcomes at Physics Subject: Evidence from Structural Equation Modeling. [Teaching Resource]
|
Text
TheRoleofTheFlippedClassroominPromotingMultidimensionalLearningOutcomesatPhysicsSubjectEvidencefromStructuralEquationModeling.pdf Download (473kB) |
Abstract
Untuk memenuhi tuntutan pendidikan abad ke-21, model flipped classroom (kelas terbalik)mendorong pencapaian hasil belajar fisika yang multidimensional dengan memindahkanproses pembelajaran langsung ke luar kelas serta menekankan keterlibatan kognitif, afektif,dan psikomotor selama kegiatan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkajiperan flipped classroom dalam meningkatkan hasil belajar fisika multidimensional padasiswa sekolah menengah atas secara komprehensif dalam tiga ranah: kognitif, afektif, danpsikomotor. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimen faktorial 2x3 untukmembandingkan hasil belajar siswa antara flipped classroom dan metode pembelajarankonvensional berbasis ceramah (kontrol). Data dikumpulkan dari 72 siswa program IPA diSMAN 39 Jakarta dan dianalisis menggunakan statistik inferensial serta Partial LeastSquares–Structural Equation Modelling (SEM-PLS) guna menangkap konstrak laten danketepatan pengukuran pada tingkat butir. Skor n-gain menunjukkan bahwa flippedclassroom secara signifikan meningkatkan ranah kognitif (0,74), afektif (0,71), danpsikomotor (0,83). Analisis inferensial melalui uji t independen menunjukkan perbedaansignifikan antara flipped classroom dan kelompok kontrol (p < 0,001) pada seluruh ranahhasil belajar. Analisis SEM-PLS mengungkapkan bahwa ranah psikomotor memilikipengaruh interaksi paling kuat terhadap hasil belajar (β = 2,519), diikuti oleh ranah kognitif(β = 2,420) dan afektif (β = 1,333). Ranah afektif juga menunjukkan pengaruh tidaklangsung melalui dampaknya terhadap dua ranah lainnya. Hasil SEM-PLS jugamengonfirmasi nilai p yang signifikan pada seluruh hubungan tersebut. Temuan inimemberikan dukungan empiris yang kuat bagi penerapan flipped classroom sebagai strategipedagogis efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara holistik di tingkat sekolahmenengah atas.
| Item Type: | Teaching Resource |
|---|---|
| Subjects: | EDUCATION EDUCATION > Theory and practice of education |
| Depositing User: | Mr Faisal M |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:20 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:20 |
| URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/20887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
