Utama, Anton Adhi (2025) ANALISIS DAN PERANCANGAN STRUKTUR RANGKA BANGKU MOBIL BERDASARKAN REGULASI UN/ECE R-17. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
![]() |
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Tabel_Daftar_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarGambarTabelDaftarAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (401kB) |
![]() |
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (872kB) |
![]() |
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (359kB) |
![]() |
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (243kB) |
![]() |
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (190kB) |
Abstract
Perkembangan alat transportasi darat yang tadinya hanya mampu digunakan dalam kecepatan rendah, sekarang mampu mencapai kecepatan tinggi. Sistem keselamatan kendaraan menjadi makin penting. Risiko kecacatan yang paling tinggi adalah cedera leher karena benturan mobil dari belakang. Desain dimensi dan kekuatan struktur frame serta sandaran kepala kursi mobil merupakan komponen keselamatan penting dalam kendaraan dan harus sesuai dengan persyaratan regulasi UN-ECE R-17. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penerapan standar keselamatan pada kursi mobil dengan melakukan pemodelan simulasi pengujian rangka kursi mobil yang mengacu pada standar peraturan UNECE R 17 serta menganalisis kekuatannya. Desain bangku mobil dan analisisnya yang telah dibahas pada beberapa jurnal sebelumnya memiliki kelemahan, yaitu dimensi yang dianalisisnya adalah kondisi dimensi ideal dan masalah variasi dimensi diabaikan. Dalam penelitian ini diterapkan konsep toleransi dimensi sesuai SAE J1100 tentang pedoman untuk praktik desain otomotif sehingga ketinggian sandaran kepala yang dipakai saat dianalisis adalah dimensi kondisi terburuk. Adapun gaya yang diterapkan ke frame ditingkatkan sesuai data-data saat terjadi kecelakaan. Material frame yang dipakai adalah pipa STKM. Untuk memenuhi standar kekuatan frame pada titik kritis frame, ketebalan pipa dan penambahan pipa insert divariasikan. Hasil analisis setelah dilakukan simulasi pembebanan sesuai regulasi UN/ECE R17 adalah frame bangku mobil dengan material STKM13A D25.4 t1.4 mm dengan penambahan insert pipe STKM11A D22.2 t1.6 mm pada titik kritis frame dan tinggi sandaran kepala 830 +10/0 memenuhi syarat regulasi keselamatan UN-ECE R-17.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | TECHNOLOGY > Mechanical engineering and machinery > Machine design and drawing TECHNOLOGY > Mechanical engineering and machinery > Machine construction (General) |
||||||||||||
Depositing User: | Mr Anton Adhi Utama | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 04:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 04:33 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/20391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |