EFEKTIVITAS METODE PENGAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS 2 SDK KALAM KUDUS III JAKARTA

Siringoringo, Ama Pardomuan (2025) EFEKTIVITAS METODE PENGAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS 2 SDK KALAM KUDUS III JAKARTA. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiranAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (750kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (962kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (676kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (731kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji efektivitas pendekatan pembelajaran role playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Mandarin pada siswa kelas 2 Sekolah Dasar Kristen Kalam Kudus III di Jakarta. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam berbicara karena keterbatasan lingkungan berbahasa yang alami dan kurangnya kesempatan untuk berbicara. Metode pengajaran role playing menawarkan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan interaktif, sehingga peserta didik dapat menggunakan bahasa Mandarin secara spontan melalui dialog situasional. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan desain eksperimen pre-test dan post-test pada satu kelompok, yang melibatkan 23 siswa sebagai subjek. Data yang diperoleh setelah penelitian ini mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan berbicara peserta didik kelas 2 Sekolah Dasar Kalam Kudus III Jakarta sebesar 43.65%. Analisis statistik menunjukkan bahwa peningkatan ini signifikan, yang berarti metode role playing memiliki nilai praktis yang nyata dalam pembelajaran. Diharapkan temuan ini dapat menjadi pedoman dan acuan bagi guru dalam menciptakan pembelajaran bahasa yang kontekstual dan komunikatif di kelas./This study aims to examine the effectiveness of the role-playing teaching method in improving Mandarin speaking skills among second-grade students at Kalam Kudus III Elementary School in Jakarta. Many students struggle with oral expression due to a lack of natural language environments and limited opportunities to practice speaking. The role-playing method creates an engaging, dynamic, and interactive learning atmosphere that allows students to use Mandarin spontaneously through situational dialogues. The research employed a quantitative approach using a one-group pre-test and post-test design, involving 23 students as participants. The findings revealed a 43.65% improvement in students' speaking abilities. Statistical analysis confirmed that this increase was significant, indicating that role-playing holds practical value for classroom instruction. It is hoped that this research can serve as a useful reference for teachers in fostering contextual and communicative Mandarin learning environments.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWiradi, Rahel0309098608UNSPECIFIED
Thesis advisorSulistyowati, Dewi0316038402UNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Mr Ama Pardomuan Siringoringo
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:51
Last Modified: 04 Aug 2025 09:51
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/20164

Actions (login required)

View Item View Item