Simanjuntak, Devi Cindy Claudya (2025) Analisis Framing Drama Korea Pyramid Game sebagai Gambaran Hierarki Sosial Remaja Korea Selatan. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
![]() |
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiranAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (664kB) |
![]() |
Text (Bab_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (228kB) |
![]() |
Text (Bab_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (342kB) |
![]() |
Text (Bab_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (690kB) |
![]() |
Text (Bab_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (145kB) |
![]() |
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (134kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (943kB) |
Abstract
Menghadapi era globalisasi informasi dan perkembangan teknologi, dunia menghadapi perubahan arus informasi yang begitu cepat. Hal ini menjadi salah satu pendorong untuk mengubah cara berpikir masyarakat dalam mendapatkan informasi secara cepat, akurat dan terpercaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitattif dimana pendekatan penelitian kualitatif adalah kegiatan yang menempatkan pengamat dalam dunia nyata. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini akan menggunakan metode menggunakan metode observasi dengan mengamati dan mencatat secara sistematik terhadap tayangan drama."Pyramid Game" berpusat pada kehidupan siswa sekolah menengah yang mengikuti sistem permainan sosial bernama “Pyramid Game”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pyramid Game membingkai hierarki sosial remaja sebagai persoalan struktural yang dipelihara oleh tekanan sosial, budaya kompetitif, dan sistem pendidikan yang menekankan peringkat. Masalah utama didefinisikan sebagai ketidakadilan dalam sistem sosial sekolah yang menormalisasi perundungan. Penyebabnya digambarkan sebagai struktur sosial yang membiarkan kekuasaan ditentukan oleh popularitas. Drama ini menilai kondisi tersebut sebagai bentuk penindasan sistemik yang tidak bermoral. Adapun solusi yang ditawarkan adalah perlunya kesadaran individu dan kolektif untuk menolak sistem yang merugikan serta membangun lingkungan sosial yang lebih adil dan empatik. Drama ini secara efektif menyampaikan kritik sosial terhadap realitas yang dihadapi remaja Korea Selatan, serta mengajak penonton untuk merefleksikan kembali pentingnya nilai-nilai kesetaraan, empati, dan perubahan sosial. Kata kunci : Framing , Pyramid Game, Hierarki Sosial, Remaja Korea Selatan / Facing the era of information globalization and technological developments, the world is finally facing a rapid change in the flow of information. This is one of the drivers to change the way people think about getting information quickly, accurately and reliably. This research uses a qualitative approach where the qualitative research approach is an activity that places observers in the real world. The type of research used in this study is the descriptive research type. This research will use the method of using the observation method by systematically observing and recording the drama shows.""Pyramid Game" centers on the lives of high school students who follow a social game system called "Pyramid Game". The results show that the Pyramid Game frames the social hierarchy of adolescents as a structural problem that is maintained by social pressures, a competitive culture, and an education system that emphasizes ranking. The main problem is defined as the injustice in the school's social system that normalizes bullying. The cause is described as a social structure that allows power to be determined by popularity. This drama assesses this condition as a form of immoral systemic oppression. The solutions offered are the need for individual and collective awareness to reject harmful systems and build a more just and empathetic social environment. The drama effectively conveys a social critique of the realities faced by South Korean teenagers, as well as inviting the audience to reflect again on the importance of the values of equality, empathy, and social change. Keywords : Framing , Pyramid Game, Social Hierarchy, South Korean Youth
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | SOCIAL SCIENCES SOCIAL SCIENCES > Sociology > Social psychology > Social influence. Social pressure |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi | ||||||||||||
Depositing User: | Ms Devi Cindy Claudya Simanjuntak | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:42 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/19996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |