Deodata, Agnes Filia Dera (2025) ANALISIS POLA KOMUNIKASI PRAKTIK JASA TITIP BELI ONLINE PADA AKUN INSTAGRAM @TOKOUNIONJACK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
![]() |
Text (HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarGambarDaftarTabel)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarGambarDaftarTabel.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BABI.pdf)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (454kB) |
![]() |
Text (BABII.pdf)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (903kB) |
![]() |
Text (BABIII.pdf)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (623kB) |
![]() |
Text (BABIV.pdf)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BABV.pdf)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (427kB) |
![]() |
Text (DaftarPustaka.pdf)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (540kB) |
![]() |
Text (Lampiran.pdf)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (555kB) |
Abstract
ABSTRAK Pola komunikasi pada akun instagram @tokounionjack ada tiga jenis, yaitu pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder dan pola komunikasi sirkular. Pola komunikasi tersebut digunakan untuk meyampaikan pesan agar pihak lain mendapatkan informasi yang sesuai. Sebagai akun bisnis di instagram, @tokounionjack melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Kepercayaan konsumen menjadi pondasi utama agar bisnis jasa titip beli diminati oleh masyarakat luas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme, dimana paradigma ini memandang bahwa kebenaran dari suatu realitas sosial dapat dilihat sebagai hasil dari konstruksi sosial dan bersifat relatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu bagaimana sebuah pendekatan dapat mengungkapkan makna dari konten komunikasi yang ada sehingga hasil-hasil penelitian yang diperoleh berhubungan pemaknaan dari sebuah proses komunikasi yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana metode penelitian ini memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif kerap digunakan untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadaan secara sosial. Metode pengumpulan dalam penelitian ini dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian berdasarkan observasi dan wawancara terhadap responden yang berjumlah 6 orang, berbagai macam pernyataan yang diberikan responden menyebutkan bahwa adanya pernyataan positif dari 5 responden dan satu lainnya memberikan pernyataan negatif terhadap pola komunikasi pada akun instagram @tokounionjack. Hampir semua responden menyatakan bahwa pelayanan yang diberikan serta komunikasi yang terjadi berjalan dengan baik. Adanya bukti terjadinya peningkatan jumlah followers pada akun isntagram @tokounionjack menjadi bukti bahwa telah terjadi peningkatan kepercayaan konsumen dari tahun 2020 sampai pada tahun 2023. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Kepercayaan Konsumen, Toko Union Jack ABSTRACT There are three types of communication patterns on the Instagram @tokounionjack account, namely primary communication, secondary communication and circular communication. These methods of communication are used to deliver messages so that the other party gets the appropriate information. As a business account on Instagram, @tokounionjack makes various efforts to boost consumer confidence. Consumer confidence becomes the primary foundation for business services to be purchased by the general public. In this study, the researchers used the paradigm of constructivism, where this paradigm sees that the truth of a social reality can be seen as a result of social construction and is relative. This research uses a qualitative approach that is how an approach can reveal the meaning of the communication content that exists so that the results of the research obtained are related to the digestion of a communication process that occurs. This research uses qualitative descriptive methods, where these research methods use qualitational data and are described descriptively. The type of qualitative descriptive research is often used to analyze social events, phenomena, or circumstances. Methods of collection in this research by means of observation and interview. The results of the study based on observations and interviews of 6 respondents, various statements given by respondents mentioned that the presence of positive statements from 5 respondents and another gave a negative statement to the communication pattern on the instagram account @tokounionjack. Almost all respondents stated that the service provided and the communication that occurred went well. There is evidence of an increase in the number of followers on the isntagram @tokounionjack account as proof that there has been a rise in consumer confidence from 2020 to 2023. Keywords: Communication Patterns, Consumer Confidence, Union Jack Stores
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | LANGUAGE AND LITERATURE > Philology. Linguistics > Communication. Mass media | ||||||||
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | Ms Agnes Filia Dera Deodata | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:08 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:08 | ||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/19426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |