Pemanfaatan Teknologi Bergerak sebagai Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Anak Usia Dini

Helena, Elsudarma Santi and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2023) Pemanfaatan Teknologi Bergerak sebagai Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6 (2). pp. 1124-1131. ISSN 2614-8854

[img] Text
PemanfaatanTeknologiBergerak.pdf

Download (206kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinPemanfaatanTeknologiBergerak.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/...

Abstract

Salah satu tantangan terbesar di dalam dunia pendidikan anak usia dini adalah bagaimana membuat anak bisa tertarik terhadap pelajaran yang sedang diajarkan, termasuk pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen. Salah satu cara agar guru dan orang tua bisa menarik perhatian anak untuk mau belajar pendidikan agama Kristen adalah dengan memanfaatkan teknologi bergerak pada kegiatan belajar-mengajar baik itu di tingkat PAUD maupun di dalam keluarga. Dengan adanya pemanfaatan teknologi bergerak anak bisa belajar secara optimal dengan memanfaatkan kemampuan audio dan visual mereka yang tengah berkembang dengan cepat. Guru juga perlu mempertimbangkan penggunaan gadget dalam pelajaran pendidikan agama Kristen berdasarkan umur anak agar anak bisa mengikuti pelajaran pendidikan agama Kristen dengan baik. Namun, di saat yang bersamaan, guru beserta orang tua juga harus menggunakan metode belajar konvensional yang tidak menggunakan gadgetagar anak juga bisa belajar bersosialisasi secara langsung dan bisa terhindar dari dampak buruk gadgetyang membayangi mereka setiap mereka berselancar di internet seperti konten-konten kriminal, kejahatan hingga pornografi yang tersebar luas di internet dan bisa sajadiakses oleh anak tanpa disengaja. Kata kunci:Pendidikan Agama Kristen;Teknologi Bergerak;Pendidikan Usia Dini / One of the biggest challenges in early childhood education is how to attract them to the lessons which are being taught, including Christian education subject. One of the ways that can be used by the teachers and parents to get the children’s attention to study Christian education is by utilizing technology in the teaching and learning process in the early childhood educationlevel or family. By using the technology, the children can learn optimally which exerts their developing audio and visual ability. The teachers require to consider the use of the gadget in Christian education lessons based on age so that the children can follow the lesson well. Nevertheless, at the same time, both teacher and parent are supposed to use conventional learning methods which do not use the gadget to train the children to socialize and get off from the bad impacts when they browse on the internet, such as criminal, crime, and pornography which are widely spread on the internet and can be accessed by the children unintentionally. Keywords: Christian Education Subject;Technology;Early Childhood Education.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Theory and practice of education
EDUCATION > Theory and practice of education > Early childhood education
EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Religion and education. Education under church control > Christian education. Church education
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 05 Mar 2025 05:09
Last Modified: 05 Mar 2025 05:09
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18493

Actions (login required)

View Item View Item