Peran Teknologi dalam Proses Pembelajaran = The Role of Technology in the Learning Process

Norpin, Norpin and Naibaho, Lamhot and Rantung, Djoys Anneke (2024) Peran Teknologi dalam Proses Pembelajaran = The Role of Technology in the Learning Process. Kolaboratif Sains, 7 (1). pp. 444-448. ISSN 2623-2022

[img] Text
PeranTeknologi.pdf

Download (656kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinPeranTeknologi.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS/ind...

Abstract

Peran teknologi dalam proses pembelajaran telah menjadi elemen krusial dalam mengubah paradigma pendidikan di era kontemporer. Integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tidak hanya mengubah cara guru menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga meredefinisi interaksi antara siswa dan pembelajaran itu sendiri. Teknologi memberikan aksesibilitas yang lebih luas terhadap informasi, menghadirkan beragam sumber belajar interaktif. Namun, sementara teknologi menawarkan potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, tantangan terkait keberlanjutan, kesetaraan akses, dan literasi digital juga perlu diatasi sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran teknologi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam peenlitian ini adalah studi Pustaka. Hasil penelitian ini adalah integrasi teknologi dalam kelas dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pembelajaran mandiri. Platform pembelajaran daring, aplikasi edukatif, dan perangkat lunak interaktif memberikan kesempatan untuk menyajikan materi secara dinamis dan mendukung gaya belajar yang beragam. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan strategi pembelajaran yang berbasis teknologi, sekaligus memberikan dasar untuk penyempurnaan kebijakan pendidikan yang mengintegrasikan teknologi sebagai alat pendukung pembelajaran. / The role of technology in the learning process has become a crucial element in changing the educational paradigm in the contemporary era. The integration of information and communication technology (ICT) not only changes the way teachers deliver lesson material, but also redefines the interaction between students and learning itself. Technology provides wider accessibility to information, presenting a variety of interactive learning resources. However, while technology offers great potential to improve the efficiency and effectiveness of learning, challenges related to sustainability, equality of access, and digital literacy also need to be addressed so that the learning process runs smoothly. The purpose of this research is to describe the role of technology in the learning process. The method used in this research is literature study. The results of this research are that the integration of technology in the classroom can increase student engagement and facilitate independent learning. Online learning platforms, educational apps, and interactive software provide opportunities to present material dynamically and support diverse learning styles. The results of this research provide valuable insights for the development of technology-based learning strategies, as well as providing a basis for improving educational policies that integrate technology as a learning support tool.

Item Type: Article
Subjects: TECHNOLOGY
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 04 Mar 2025 03:23
Last Modified: 04 Mar 2025 03:23
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18467

Actions (login required)

View Item View Item