Nainggolan, Gracita Lydiasari (2024) Dampak Pemahaman Orang Tua Sebagai Pendidik Pertama Terhadap Pola Asuh Orang Tua di GKSI Filipi Bekasi. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiranAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (631kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (702kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (677kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (633kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (569kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (595kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Orang tua memiliki beragam peran salah satunya adalah menjadi pendidik pertama bagi anak yang membentuk anak untuk siap menghadapi masa depan. Peran sebagai pendidik tidak bisa lepas dari pola asuh orang tua yang diimplementasikan pada anak. Dalam penelitian ini membahas pemahaman orang tua sebagai pendidik pertama serta dampak dari pola asuh orang tua di GKSI Filipi Bekasi. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini, yaitu untuk: 1) mengetahui sejauh mana pemahaman orang tua sebagai pendidik pertama dalam keluarga. 2) mengetahui dampak pemahaman orang tua sebagai pendidik pertama terhadap pola asuh orang tua di GKSI Filipi Bekasi. Dalam prosesnya penulis memilih pendekatan kualitatif deskriptif dalam penelitian ini. Dengan informan yaitu jemaat GKSI Filipi Bekasi berjumlah enam orang tua yang berstatus aktif sebagai pekerja. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, diantaranya: 1) Seluruh orang tua yang menjadi informan memahami perannya sebagai pendidik pertama untuk anak, namun karena alasan pekerjaan orang tua tidak melaksanakannya dengan baik. 2) Berdasarkan pemahaman orang tua terhadap perannya sebagai pendidik pertama serta kepadatan pekerjaan, berdampak orang tua tidak dapat menciptakan komunikasi yang berkualitas dan chemistry antara anak dan orang tua, menerapkan pola asuh yang bertolak belakang dengan kebutuhan anak. Maka dapat disimpulkan bahwa seluruh informan memahami perannya sebagai pendidik pertama, namun tidak melaksanakan dengan baik, yang membawa dampak tidak terciptanya komunikasi yang berkualitas dan tidak adanya chemistry antara anak dan orang tua sehingga orang tua tidak menerapkan pola asuh yang sesuai dengan kebutuhan anak, melainkan menerapkan pola asuh otoriter dan permisif berdasarkan keinginannya. Maka dalam hal ini orang tua perlu memahami kebutuhan anak dengan cara menjadi role model, bermain bersama dengan anak dan melalui doa keluarga, agar dapat menentukan pola asuh yang sesuai dengan kebutuhan anak. Kata Kunci: Pemahaman Orang Tua, Pendidik Pertama, Pola Asuh. / Parents have various roles, one being the first educator for children who shapes children to be ready to face the future. The role of an educator cannot be separated from the parenting style that parents implement for their children. This research discusses the understanding of parents as the first educators and the impact of parenting patterns at GKSI Philippi Bekasi. The purpose of this research is to 1) find out the extent of parents' understanding as the first educators in the family. 2) Determine the impact of understanding parents as first educators on parenting patterns at GKSI Philippi Bekasi. In the process, the author chose a descriptivequalitative approach to this research. The informants, namely the GKSI Philippi Bekasi congregation, numbered six parents who had active status as workers. The results obtained from this research include: 1) All parents who were informants understood their role as children's first educators, but for work reasons, the parents did not carry it out well. 2) Based on parents' understanding of their role as first educators and the density of work, the impact is that parents are unable to create quality communication and chemistry between children and parents, implementing parenting styles that are contrary to the child's needs. So it can be concluded that all informants understand their role as first educators but do not carry it out well, which has the impact of not creating quality communication and the absence of chemistry between children and parents so that parents do not apply parenting patterns that suit the child's needs but instead apply authoritarian and permissive parenting based on his wishes. So in this case, parents need to understand the child's needs by becoming a role model, playing together with the child, and through family prayer, so that they can determine a parenting style that suits the child's needs. Keywords: Parental Understanding, First Educator, Parenting Style
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Christianity EDUCATION EDUCATION > Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Agama Kristen | ||||||||||||
Depositing User: | Ms Gracita Lydiasari Nainggolan | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:58 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17623 |
Actions (login required)
View Item |