Wasini, Prisca (2012) Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (458kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (252kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (607kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (911kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (925kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (360kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (338kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru (sebagai variabel bebas) dengan Kinerja Guru (sebagai variabel terikat). Penelitian ini dilakukan pada Sekolah-Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Ciracas Jakarta Timur pada bulan Mei dan Juni. Metode yang digunakan adalah metode survey. Sampel penelitian ini berjumlah 48 orang dari jumlah populasi terjangkau 55 orang. Penentuan sampel berdasarkan tabel penentuan sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Pengambilan sampel untuk setiap sekolah menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1) dengan variabel Kinerja Guru (Y) yang ditunjukkan oleh persamaan Ŷ = 96.219 + 0.359X1, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel Motivasi Kerja Guru (X2) dengan variabel Kinerja Guru (variabel Kinerja Guru (Y) yang ditunjukan oleh persamaan Ŷ = 98.338 + 0.334X2 (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1) dan variabel Motivasi Kerja Guru (X2) secara simultan dengan variabel Kinerja Guru (Y) yang ditunjukkan oleh persamaan Ŷ = 96.027 + 0.204X1 + 0.157X2. Besar hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat secara parsial dan besar hubungan variabel bebas dengan variabel terikat secara simultan ditunjukkan oleh nilai r. Besar hubungan antara Variabel X1 dengan Y adalah 0.541. Besar hubungan antara Variabel X2 dan Y adalah sebesar 0.538. Besar hubungan antara X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y adalah sebesar 0.546. Hubungan tersebut di atas semuanya tergolong kuat, karena nilai r semuanya berada di antara 0.50 dan 0.69. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah: (1) Kepala Sekolah perlu menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dalam memimpin lembaga sekolah di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur, (2) Perlu adanya upaya dari guru untuk meningkatkan motivasi kerjanya agar kinerja guru itu sendiri semakin meningkat. Kedua hal tersebut harus berjalan seiring karena antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam satu lembaga sekolah. Kedunya adalah faktor-faktor penting bagi terciptanya kualitas pembelajaran yang baik. 1 Dipertahankan di hadapan Sidang Terbuka Senat dalam rangka Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Magister 2 Guru Pegawai Negeri Sipil di daerah Khusus Ibukota Jakarta. / The purpose of this research is to know the correlation between the head master transformational leadership and the teacher motivation (as the independent variable) with the teacher’s performance (as the dependent variable). This research was done at State Elementary School in Ciracas, East Jakarta district on May and June. Sample of this research are 48 persons from 55 persons of the population. The method used is survey method. Sample determination is based on the table of table increased by Isaac and Michael and Proportional Random Sampling is the technique of sample determination from each school. The results of this research are (1) there is a significant positive correlation between the Head Master Transformational Leadership (X1) with the Teacher’s Performance (Y) which is shown by Ŷ = 96.219 + 0.359X1, (2) there is a significant positive correlation between the Teacher’s Motivation (X2) with Teacher’s Performance (Y) which is shown by Ŷ = 98.338 + 0.344X2, (3) there is a significant positive correlation between the Head Master Transformational Leadership (X1) and the Teacher’s Motivation (X2) simultaneously with the Teacher’s Performance (Y) which is shown by Ŷ = 96.027 + 0.204X1 + 0.157X2. The value of the relationship between independent with dependent variable partially and simultaneously is shown by the value of r. The value of the relationship between X1 with Y is 0.541. The value of the relationship between X2 with Y is 0.538. The value of the relationship between X1 and X2 with Y is 0.548. All relationship above is strong, because the r value is between 0.50 and 0.69. The result implication of this research is (1) the transformational leadership is necessary to implement by Head Maser in Ciracas East Jakarta District and (2) teacher should increased their motivation in working (teaching process), because the teacher’s performance is an important factor in creating the good teaching. Transformational leadership and teacher’s motivation are the things that give influence to the teacher’s performance. Without transformational leadership, the school is non sense. 3 Dipertahankan di hadapan Sidang Terbuka Senat dalam rangka Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Magister 4 Guru Pegawai Negeri Sipil di daerah Khusus Ibukota Jakarta
Item Type: | Thesis (S2) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION SOCIAL SCIENCES > Management |
||||||||||||
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA > Magister Administrasi Pendidikan | ||||||||||||
Depositing User: | Users 5214 not found. | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 08:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2024 08:34 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17607 |
Actions (login required)
View Item |