Grace, Peggy Patrisia (2015) Peranan Pendidikan Karakter (Disiplin) Terhadap Kecerdasan\ Emosi Anak Usia 8 Tahun di SD Rhema En Cara Sentul City (Studi Kasus Siswa Penyandang Attention Deficit Hyperactive Disorder-Adhd). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (242kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (268kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (412kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (124kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (100kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (100kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (285kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peranan pendidikan karakter (disiplin) dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan emosi siswa penyandang ADHD usia 8 tahun. Penelitian ini merupakan studi kasus siswa penyandang ADHD yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Rhema En Cara Sentul City. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi yang berfokus pada 1 sampel yaitu siswa penyandang ADHD usia 8 tahun. Hasil penelitian ini sampel memiliki masalah pada kecerdasan emosinya yang sangat berpengaruh dengan cara belajarnya dan hasil belajar siswa tersebut. Sehingga siswa tersebut membutuhkan treatment khusus dalam belajar dan mengembangkan kecerdasan emosinya. Dalam penelitian ini guru memberikan treatment khusus pada pengajaran pendidikan karakter (disiplin) yaitu melatih siswa dengan nilai-nilai disiplin secara terstruktur dan terjadwal, agar siswa dapat berlatih mengembangkan kecerdasan emosi guna memudahkan siswa tersebut dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dan interaksi sosialnya. Setelah melakukan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter dan pengajaran nilai-nilai disiplin berperan penting dalam mendukung perkembangan kecerdasan emosi siswa penyandang ADHD yang juga berpengaruh terhadap proses belajarnya dikelas.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Andika Prima | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2024 09:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2024 09:59 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17332 |
Actions (login required)
View Item |