Pandiangan, Ida Juliana (2013) Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Iman Peserta Didik di SMA Negeri Rayon 16 Jakarta Timur. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (500kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (406kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (868kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (560kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (739kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (209kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (340kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesionalitas guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik, sejauh mana spiritualitas guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik, pengaruh komunikasi guru dalam meningkatkan iman peserta didik, dan untuk mengetahui cara peningkatan iman peserta didik. Tempat Penelitian di SMA Negeri Rayon 16 Jakarta Timur, tahun ajaran 2013/2014. Masalahnya adalah bagaimana kompetensi profesionalitas, spiritualitas, komunikasi dan cara guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik. Metode Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data sebanyak 16 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PAK, Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kritis dan berupa matriks, dengan cara menggorganisasikan data kedalam kategori, menyebarkan kedalam unit-unit melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang paling penting dan yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan sehingga mudah di pahami. Hasil penelitian adalah menunjukkan bahwa pengaruh profesionalitas dinilai mulai berkembang dimana peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dengan kemampuan berdoa di depan kelas dan pada saat ibadah Jumat. Disamping itu peserta didik sudah ada pemahaman dan kesadaran untuk mengikuti saat teduh dan terlibat dalam pelayanan menjadi kolektan dan pemain musik. Kesimpulan Profesionalitas guru PAK dalam meningkatkan iman peserta didik, guru memiliki kompetensi, memiliki metode pembelajaran dan memainkan beberapa peran untuk melaksanakan pembelajaran PAK. Guru bertanggungjawab untuk melatih anak dalam berdoa, membaca Alkitab, melayani waktu ibadah bersama. Guru harus menjadi teladan bagi peserta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesionalitas guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik, sejauh mana spiritualitas guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik, pengaruh komunikasi guru dalam meningkatkan iman peserta didik, dan untuk mengetahui cara peningkatan iman peserta didik. Tempat Penelitian di SMA Negeri Rayon 16 Jakarta Timur, tahun ajaran 2013/2014. Masalahnya adalah bagaimana kompetensi profesionalitas, spiritualitas, komunikasi dan cara guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik. Metode Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data sebanyak 16 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PAK, Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kritis dan berupa matriks, dengan cara menggorganisasikan data kedalam kategori, menyebarkan kedalam unit-unit melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang paling penting dan yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan sehingga mudah di pahami. Hasil penelitian adalah menunjukkan bahwa pengaruh profesionalitas dinilai mulai berkembang dimana peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dengan kemampuan berdoa di depan kelas dan pada saat ibadah Jumat. Disamping itu peserta didik sudah ada pemahaman dan kesadaran untuk mengikuti saat teduh dan terlibat dalam pelayanan menjadi kolektan dan pemain musik. Kesimpulan Profesionalitas guru PAK dalam meningkatkan iman peserta didik, guru memiliki kompetensi, memiliki metode pembelajaran dan memainkan beberapa peran untuk melaksanakan pembelajaran PAK. Guru bertanggungjawab untuk melatih anak dalam berdoa, membaca Alkitab, melayani waktu ibadah bersama. Guru harus menjadi teladan bagi peserta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesionalitas guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik, sejauh mana spiritualitas guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik, pengaruh komunikasi guru dalam meningkatkan iman peserta didik, dan untuk mengetahui cara peningkatan iman peserta didik. Tempat Penelitian di SMA Negeri Rayon 16 Jakarta Timur, tahun ajaran 2013/2014. Masalahnya adalah bagaimana kompetensi profesionalitas, spiritualitas, komunikasi dan cara guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik. Metode Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data sebanyak 16 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PAK, Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kritis dan berupa matriks, dengan cara menggorganisasikan data kedalam kategori, menyebarkan kedalam unit-unit melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang paling penting dan yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan sehingga mudah di pahami. Hasil penelitian adalah menunjukkan bahwa pengaruh profesionalitas dinilai mulai berkembang dimana peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dengan kemampuan berdoa di depan kelas dan pada saat ibadah Jumat. Disamping itu peserta didik sudah ada pemahaman dan kesadaran untuk mengikuti saat teduh dan terlibat dalam pelayanan menjadi kolektan dan pemain musik. Kesimpulan Profesionalitas guru PAK dalam meningkatkan iman peserta didik, guru memiliki kompetensi, memiliki metode pembelajaran dan memainkan beberapa peran untuk melaksanakan pembelajaran PAK. Guru bertanggungjawab untuk melatih anak dalam berdoa, membaca Alkitab, melayani waktu ibadah bersama. Guru harus menjadi teladan bagi peserta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesionalitas guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik, sejauh mana spiritualitas guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik, pengaruh komunikasi guru dalam meningkatkan iman peserta didik, dan untuk mengetahui cara peningkatan iman peserta didik. Tempat Penelitian di SMA Negeri Rayon 16 Jakarta Timur, tahun ajaran 2013/2014. Masalahnya adalah bagaimana kompetensi profesionalitas, spiritualitas, komunikasi dan cara guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan iman peserta didik. Metode Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data sebanyak 16 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PAK, Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kritis dan berupa matriks, dengan cara menggorganisasikan data kedalam kategori, menyebarkan kedalam unit-unit melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang paling penting dan yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan sehingga mudah di pahami. Hasil penelitian adalah menunjukkan bahwa pengaruh profesionalitas dinilai mulai berkembang dimana peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dengan kemampuan berdoa di depan kelas dan pada saat ibadah Jumat. Disamping itu peserta didik sudah ada pemahaman dan kesadaran untuk mengikuti saat teduh dan terlibat dalam pelayanan menjadi kolektan dan pemain musik. Kesimpulan Profesionalitas guru PAK dalam meningkatkan iman peserta didik, guru memiliki kompetensi, memiliki metode pembelajaran dan memainkan beberapa peran untuk melaksanakan pembelajaran PAK. Guru bertanggungjawab untuk melatih anak dalam berdoa, membaca Alkitab, melayani waktu ibadah bersama. Guru harus menjadi teladan bagi peserta didik dalam menunjukkan imannya baik lewat perkataan maupun perbuatan. Kata Kunci: Profesionalitas, Komunikasi Guru PAK. / This study aims to determine the professional competence of Christian Religious Education teacher in increasing Students faith, it what extent Students faith the spirituality of Christian Religious Education teacher in increasing Students faith, the influence of teacher communication in improving Students faith, and to find out how to increase the Students faith. The was the resulth is Public Senior High School 16 East Jakarta Area. School year 2013/2014. The problem is how professional competence, spirituality, communication are Christian Religious Education teachers increas Students faith. The study used a qualitative descriptive approach method. Data sources as many as 16 people consisting of the Principal, Teachers Christian Religious Education, Students. Data collection techniques used were observation, interview and documentation. The data were analyzed critically the form of a matrix, by way of organize data into categories, distributif units into, synthesize, organize into patterns choosing, which ones are most important and which will be studied and make conclusions so to make it easy to understand. The results indicate that the effect of professionalism began to develop where learners already showing signs of behavior that is expressed by the ability to pray in front of the class and during worship on Friday. Besides, the students had understanding and awareness to keep quiet times and involved in service collecting offering and music players. Conclusion Christian Religious Education teacher’s professionalism in increasing the faith of students, teachers have the competence, learning methods and has played several roles its implementing teaching and learning Christian Religious Education teacher’s. The Teachers are responsible for training the Students in prayer, reading the Bible, serving time of worship together. Teachers should be role models for students in demonstrating good faith by words and deeds. Keywords: Professionalism, Communication Christian Religious Education Teacher.
Item Type: | Thesis (S2) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION | ||||||||||||
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA > Magister Pendidikan Agama Kristen | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Ibnu Rafi | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 10:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 10:41 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17314 |
Actions (login required)
View Item |