Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Energi Terbarukan Berbantuan Modul Pembelajaran Flipbook di SMA St. Antonius Jakarta

Laia, Tris Kurniawati (2024) Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Energi Terbarukan Berbantuan Modul Pembelajaran Flipbook di SMA St. Antonius Jakarta. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran_Abstrak)
Halaman_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_daftar_tabel_daftar_lampiran_Abstak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (733kB)
[img] Text (BAB_I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (280kB)
[img] Text (BAB_II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (340kB)
[img] Text (BAB_III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (389kB)
[img] Text (BAB_IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (517kB)
[img] Text (BAB_V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (259kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (264kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didorong oleh tingkat literasi sains siswa yang masih tergolong rendah dikalangan siswa di sekolah SMA St. Antonius Jakarta. Hal ini didasarkan dari hasil observasi peneliti melalui program kampus yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selama kurang lebih dari 3 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada materi energi terbarukan berbantuan modul pembelajaran flipbook interaktif. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purpove sampling untuk memilih 75 siswa dari kelas X. Rancangan yang di terapkan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest, dimana siswa diuji sebelum dan sesudah penerapan modul pembelajaran berbantuan flipbook interaktif untuk memeriksa peningkatan literasi sains siswa. Alat uji atau instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang dirancang untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi energi terbarukan yang ada. Analisis data dilakukan dengan cara Uji Hipotesis non parametrik dengan uji mann whitney, dengan nilai signifikan Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 yang jauh lebih kecil dari tingkat signifikan yang ditetapkan (0.05) Hasil ini mengindikasikan penolakan terhadap Hipotesis 0 (H0) dan penerimaan terhadap hipotesis alternatif (Ha), ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan dalam literasi sains siswa setelah menggunakan modul pembelajaran berbantuan flipbook interaktif. Secara Khusus, terlihat bahwa nilai rata-rata N-Gain (perbedaan antara pretest dan postest) sebesar 86%, yang mengindikasikan peningkatan literasi sains yang tinggi dalam pemahaman siswa setelah diberikan treatment. Hal ini menggambarkan bahwa pendekatan pembelajaran yang melibatkan media pembelajaran berbantuan modul flipbook interaktif itu efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa, khususnya pada topik materi energi terbarukan di SMA St. Antonius Jakarta. Kata kunci : Literasi sains, Energi terbarukan, Flipbook. / The background to this research is driven by the level of student scientific literacy which is still relatively low among students at St. Anthony Jakarta. This is based on the results of researchers' observations through the campus program, namely Field Experience Practice (PPL) for approximately 3 months. The aim of this research is to determine the increase in students' scientific literacy skills in renewable energy material with the help of interactive flipbook learning modules. Researchers used quantitative methods with purpove sampling techniques to select 75 students from class The test tool or instrument used in this research is 20 multiple choice questions designed to measure students' understanding of existing renewable energy material. Data analysis was carried out by means of non-parametric Hypothesis Testing with the Mann Whitney test, with a significant Asymp.Sig.(2-tailed) value of 0.000 which is much smaller than the specified significant level (0.05). This result indicates rejection of Hypothesis 0 (H0) and acceptance of the alternative hypothesis (Ha), this shows a significant increase in students' scientific literacy after using the interactive flipbook assisted learning module. In particular, it can be seen that the average N-Gain score (the difference between pretest and posttest) is 86%, which indicates a high increase in scientific literacy in students' understanding after being given treatment. This illustrates that the learning approach involving learning media assisted by interactive flipbook modules is effective in increasing students' scientific literacy, especially on the topic of renewable energy material at St. Mary's High School. Anthony Jakarta. Keywords: Scientific literacy, Renewable energy, Flipbook

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGuswantoro, TaatNIDN0306088703taat.guswantoro@uki.ac.id
Thesis advisorLumbantobing, Septina SeverinaNIDN0316098802septina.lumbantobing@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION > Theory and practice of education
SCIENCE > Physics
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 5309 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:06
Last Modified: 23 Sep 2024 04:06
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17130

Actions (login required)

View Item View Item