Geraldyne, Tessalonika (2024) Hubungan antara Pola Asuh Otoriter Orangtua dengan Perilaku Sopan Santun Siswa di SMA Bunda Hati Kudus Kota Wisata. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarisiDaftarTabelDaftarGambarDaftarLampiranAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (205kB) |
|
Text (BAB_II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (323kB) |
|
Text (BAB_III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (350kB) |
|
Text (BAB_IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (343kB) |
|
Text (BAB_V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (125kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (274kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perilaku sopan sopan santun pada siswa/ siswi dan mengetahui pola asuh otoriter pada siswa/ siswi, selain itu untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan perilaku sopan santun pada siswa di SMA Bunda Hati Kudus. Peneliti mendapatkan fakta bahwa siswa mengatakan ketika tidak ingin mengikuti mata pelajaran tertentu atau jika gurunya adalah guru baru, siswa berencana untuk berpura-pura ke toilet atau ke UKS untuk tidak mengikuti pelajaran dan salah satu faktor penyebab siswa berperilaku seperti itu adalah karena mendapatkan pola asuh yang otoriter, yaitu orang tua yang memilihkan sekolah meskipun siswa tersebut tidak ingin bersekolah atas pilihan orang tuanya tetapi siswa harus mengikuti keinginan orang tuanya. Kondisi ini berhubungan dengan faktor yang memberi pengaruh pada perilaku sopan santun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Teknik sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 52 siswa. Hasil uji validitas yang telah dianalisis skala pola asuh otoriter 0,327-0,90 dan skala perilaku sopan santun 0,293-0,710. Hasil analisis uji reliabilitas diperoleh skala X 853 dan skala Y 899. Pada penelitian ini analisis uji normalitas data dihasilkan berdistribusi normal yaitu 200 dan pada uji linearitas data yang dihasilkan linear yaitu 707. Hasil pada uji korelasi memiliki hubungan yang tidak signifikan yaitu 226. Kesimpulan yang dapat diambil mengenai hubungan antara pola asuh otoriter berdasarkan analisis kategori tingkat pola asuh otoriter adalah sedang dan tingkat perilaku sopan santun adalah tinggi. hipotesis pada penelitian ini Ho diterima artinya tidak ada hubungan signifikan antara pola asuh otoriter dan perilaku sopan santun. Diharapkan bagi subjek penelitian tetap menjaga perilaku sopan santun. Selanjutnya untuk bagi orang tua jadikan anak teman bukan musuh karena pola asuh menghasilkan pribadi, sifat dan pikiran. Selain itu juga untuk penelitian selanjutnya ini diharapkan dapat agar selanjutnya mendapat temuan lebih komprehensif. Kata Kunci : Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Perilaku Sopan Santun. / The purpose of this study is to find out how polite behavior is polite in students and to know the authoritarian parenting style in students, in addition to knowing the relationship between authoritarian parenting style and polite behavior in students at SMA Bunda Hati Kudus. Researchers get the fact that students say when they don't want to follow certain subjects or if the teacher is a new teacher, students plan to pretend to go to the toilet or to the UKS to not follow the lesson and one of the factors causing students to behave like that is because they get authoritarian parenting, namely parents who choose schools even though the student does not want to go to school of his parents' choice but students must follow their parents' wishes. This condition is related to factors that influence polite behavior. This study uses a type of quantitative research with correlational research methods. The sample technique in this study was purposive sampling and the sample size was 52 students. The results of the validity test that have been analyzed by the authoritarian parenting scale are 0.327-0.90 and the manners scale is 0.293-0.710. The results of the reliability test analysis obtained scale X 853 and scale Y 899. In this study, the normality test analysis produced normally distributed data, namely 200 and in the linearity test the data produced was linear, namely 707. The results in the correlation test have an insignificant relationship of 226. The conclusion that can be drawn regarding the relationship between authoritarian parenting based on the category analysis of the level of authoritarian parenting is moderate and the level of polite behavior is high. the hypothesis in this study Ho is accepted, meaning that there is no significant relationship between authoritarian parenting and polite behavior. It is hoped that the research subjects will continue to maintain good manners. Furthermore, for parents, make children friends not enemies because parenting produces personalities, traits and thoughts. In addition, for further research, it is hoped that further findings will be more comprehensive. Keywords: Authoritarian Parenting, Polite Behavior
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Psychology > Psychology > Affection. Feeling. Emotion | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling | ||||||||||||
Depositing User: | Ms Tessalonika Geraldyne | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:22 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16791 |
Actions (login required)
View Item |