Upaya Mahasiswa Mengatasi Kecemasan dalam Mengerjakan Skripsi (Studi Komunikasi Intrapersonal di Lingkungan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta)

Armadina, Julia (2024) Upaya Mahasiswa Mengatasi Kecemasan dalam Mengerjakan Skripsi (Studi Komunikasi Intrapersonal di Lingkungan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulKataPengantarDaftarIsiAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (BAB_I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (572kB)
[img] Text (BAB_II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (490kB)
[img] Text (BAB_III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (533kB)
[img] Text (BAB_IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (443kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (342kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi merupakan tugas akhir yang menjadi tanggung jawab kelulusan mahasiswa akhir dan ketika dalam mengerjakan skripsi seringkali mahasiswa akhir menghadapi tantangan yang mana memunculkan perasaan kecemasan yang saat mengerjakan skripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya mahasiswa mengatasi kecemasan dalam mengerjakan skripsi studi komunikasi intrapersonal di lingkungan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Dalam penelitian ini menggunakan teori konsep diri menurut Atkinson. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang melibatkan observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kecemasan dalam mengerjakan skripsi adalah berbicara dengan diri sendiri, berdoa, mengkhayal, membuat jurnal, dan merenung. kecemasan yang dialami oleh mahasiswa Universitas Negeri Jakarta antara lain kecemasan terhadap proses pengerjaan skripsi, dosen pembimbing, serta lingkungan sosial dan keluarga.. konsep diri yang baik melalui penerapan komunikasi intrapersonal membantu mahasiswa mengatasi kecemasan saat mengerjakan skripsi. Penerapan komunikasi intrapersonal yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kecemasan dalam mengerjakan skripsi adalah berbicara dengan diri sendiri, berdoa, berimajinasi, menulis, dan merenung. Mahasiswa akhir harus sering melakukan komunikasi intrapersonal, karena dengan seringnya melakukan komunikasi intrapersonal karena hal tersebut dapat membantu mahasiswa mengenal diri sendiri. Oleh karena itu, penting untuk mahasiswa untuk mengenal diri sendiri melalui komunikasi intrapersonal karena dapat membantu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya. Kata Kunci: Komunikasi Intrapersonal, Mahasiswa Akhir, Kecemasan. / This research examines the application of intrapersonal communication in overcoming student anxiety when working on a thesis. The purpose of this study is to understand how intrapersonal communication helps students manage their anxiety during the thesis process. Using a case study method on final-year Communication Science students at the State University of Jakarta who are working on their theses, the researcher investigates a phenomenon by gathering in-depth information over a period of time on the research subjects. The results of this study indicate that a positive self-concept, reinforced through intrapersonal communication, helps students overcome anxiety when working on their theses. The forms of intrapersonal communication used by students to manage anxiety include self-talk, prayer, fantasizing, journaling, and reflecting. Final-year students are encouraged to frequently engage in intrapersonal communication as it helps them understand themselves better. This self-awareness is crucial because the thesis is a final project that determines graduation, often presenting various challenges that can induce anxiety. Therefore, it is important for students to engage in intrapersonal communication to recognize their strengths and weaknesses, aiding them in the thesis completion process. Keywords: Intrapersonal Communication, Final-Year Students, Anxiety

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimatupang, Sunengsih D.NIDN0308096504sunengsihsimatupang65@gmail.com
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Psychology > Psychology
SOCIAL SCIENCES > Social sciences (General)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 5246 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:22
Last Modified: 20 Aug 2024 04:22
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16194

Actions (login required)

View Item View Item