Tinjauan Metode Optimasi untuk Mencari Posisi dan Kapasitas Gardu Traksi Daya Arus Searah dengan Pengoperasian Banyak Kereta

Tobing, Tahan Lumban (2024) Tinjauan Metode Optimasi untuk Mencari Posisi dan Kapasitas Gardu Traksi Daya Arus Searah dengan Pengoperasian Banyak Kereta. Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia, Jakarta.

[img] Text
TinjauanMetodeOptimasi.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode optimasi dalam menentukan lokasi dan kapasitas daya gardu traksi arus searah, baik dengan mempertimbangkan maupun tanpa mempertimbangkan energi hasil pengereman regeneratif, untuk kasus pengoperasian banyak kereta. Kajian dimulai dengan melakukan tinjauan terhadap literatur terkait metode optimasi yang telah diterapkan dalam studi penentuan lokasi dan kapasitas daya optimum gardu traksi, baik untuk gardu traksi penyearah maupun inverter. Selanjutnya, pendekatan teoritis dilakukan untuk memecahkan masalah optimasi dengan metode multiobjektif berbasis metaheuristik. Penelitian ini menghasilkan algoritma untuk penerapan metode optimasi metaheuristik EMO NSGA-II dengan Pareto optimal, yang memperhatikan energi hasil pengereman regeneratif dalam sistem pemasok energi listrik kereta yang memiliki keterbatasan dalam menerima daya hasil pengereman regeneratif. Key Word:metode optimasi analitis, metode optimasi metaheuristik, tegangan jatuh, rugi-rugi daya, EMO (Evolutionary Multiobjective Optimization), Pareto optimal, pengereman regeneratif.

Item Type: Other
Subjects: TECHNOLOGY
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 19 Aug 2024 09:47
Last Modified: 19 Aug 2024 09:47
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16192

Actions (login required)

View Item View Item