Tinjauan Yuridis Tanggung Jawab Perusahaan Asuransi terhadap Pemilik Kapal yang Mengalami Kecelakaan Kapal di Alur Pelayaran dalam Perspektif Hukum

Harlansyah, Harlansyah (2024) Tinjauan Yuridis Tanggung Jawab Perusahaan Asuransi terhadap Pemilik Kapal yang Mengalami Kecelakaan Kapal di Alur Pelayaran dalam Perspektif Hukum. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
COVER_HAL_JUDUL_DAFTAR_ISI_ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (763kB)
[img] Text (BAB_II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (689kB)
[img] Text (BAB_III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (811kB)
[img] Text (BAB_V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (359kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (496kB)

Abstract

ABSTRAK TINJAUAN YURIDIS TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN ASURANSI TERHADAP PEMILIK KAPAL YANG MENGALAMIKECELAKAAN KAPAL DI ALUR PELAYARAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM Pertanggungan atas kapal laut adalah satu bagian dari pertanggungan pada umumnya. Setiap penumpang yang sah dari kendaraan bermotor umum, kereta api, pesawat terbang, perusahaan penerbangan nasional dan kapal perusahaan perkapalan nasional, wajib membayar iuran melalui pemilik yang bersangkutan untuk turut menanggung kerugian yang disebabkan karena kecelakaan. Penelitian ini bertujuan menguraikan, menganalisa tanggung jawab pemilik kapal terhadap klaim yang timbul akibat kecelakaan kapal dan upaya yang dilakukan oleh pemilik kapal dalam memberikan solusi penyelesaian yang timbul akibat kecelakaan kapal agar tidak terulang. Teori yang digunakan ialah teori pertanggungjawaban hukum,teori kepastianhukum dan teori keadilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis normatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan undang - undang (statute approach). Menggunakan deskriptif analisis secara kualitatif dengan mengelola keseluruhan data yang terkumpul. Hasil penelitian yang diperoleh ialah pemilik kapal bertanggung jawab dalam pengangkut baik terhadap keamanan maunpun keselamatan penumpang, hal ini sebagaimana diatur pada Pasal 40Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Terdapat tiga upaya yang dilakukan oleh pemilik kapal dengan melakukan pendekatan teori tanggung jawab hukum, kepastian hukum dan keadilan. Teori Tanggungjawab hukum pemilik kapal berarti memberikan perlindungan hukum, perlindungan hukum digunakan dalam upaya melindungi kepentingan pihak – pihak dalam suatu perjanjian yang sah secara hukum. Sedangkan, Teori kepastian hukum digunakan sebagai hak yang dimiliki penumpang untuk mendapatkan ganti rugi atas kejadian yang dialami sesuai dengan peraturan perundang – undangan, kemudian Teori Keadilan dalam pemberian ganti rugi, jika terjadi permasalahan terkait kesepakatan dapat melalui upaya perdamaian (non litigasi)atau secara pengadilan (litigasi). Kesimpulan penelitian perlunya perusahaan angkutan untuk mengasuransikan tanggung jawabnya dan melaksanakan asuransi perlindungan dasar penumpang umum dan memberikan ganti kerugian kepada pihak korban yang mengalami kecelakaan laut melalui aturan yang terdapat dalam Undang – Undang Pelayaran. Kata Kunci: Pertanggungjawaban Hukum, Asuransi, Perusahaan Asuransi dan Kecelakaan kapal di alur pelayaran. / ABSTRACT JURIDICAL REVIEW OF THE RESPONSIBILITY OF INSURANCE COMPANIES TOWARDS SHIP OWNERS WHO EXPERIENCE SHIP ACCIDENTS IN THE NAIL LINE IN A LEGAL PERSPECTIVE Coverage for marine vessels is one part of general coverage. Every authorized passenger of a public motor vehicle, train, airplane, national airline and national shipping company ship, is obliged to pay a contribution through the owner concerned to share in covering losses caused by accidents. This research aims to describe and analyze the responsibility of ship owners for claims arising from ship accidents and the efforts made by ship owners in providing solutions to settlements arising from ship accidents so that they do not happen again. The theories used are the theory of legal responsibility, the theory of legal certainty and the theory of justice. The method used in this research is normative juridical legal research. The research approaches used are a conceptual approach and a statutory approach. Using descriptive qualitative analysis by managing all the data collected. The research results obtained are that the ship owner is responsible as a carrier for both security and safety of passengers, this is as regulated in Article 40 of Law Number 17 of 2008 concerning Shipping. There are three efforts made by ship owners by taking a theoretical approach to legal responsibility, legal certainty and justice. Theory of legal responsibility of ship owners means providing legal protection, legal protection is used in an effort to protect the interests of the parties in a legally valid agreement. Meanwhile, the theory of legal certainty is used as a passenger's right to obtain compensation for incidents experienced in accordance with statutory regulations, then the theory of justice in providing compensation, if there are problems related to the agreement, it can be done through peace efforts (non-litigation) or in court. (litigation). The conclusion of the research is the need for transportation companies to insure their responsibilities and implement basic general passenger protection insurance and provide compensation to victims who experience maritime accidents through the regulations contained in the Shipping Law. Key Word: Legal Liability, Insurance, Insurance Companies and Ship accident whilesailing

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWidiarty, Wiwik SriNIDN0327096504wiwik.sriwidiarty@uki.ac.id
Thesis advisorTehupeiory, AartjeNIDN0314086404aartje.tehupeiory@uki.ac.id
Subjects: LAW
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Harlansyah Harlansyah
Date Deposited: 01 Aug 2024 05:47
Last Modified: 01 Aug 2024 05:47
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/15280

Actions (login required)

View Item View Item