Pangasah, Gabriela Ana (2024) Strategi Diplomasi Starbucks sebagai Metode Ekspansi Kapital dalam Aktivitasnya di Indonesia. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Singkatan_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarGambarDaftarSingkatanDaftarLampiranAbstrak.pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (722kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (92kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (315kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (255kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (34kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (74kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (288kB) |
Abstract
Starbucks Coffee adalah salah satu perusahaan kopi terbesar di dunia yang telah berhasil mengekspansi bisnisnya ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Sebagai perusahaan multinasional atau Multinational Corporation (MNC) yang melakukan strategi diplomasi dalam ekspansi kapitalnya di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang memungkinkan analisis mendalam tentang bagaimana Starbucks menggunakan diplomasi untuk memasuki dan memperluas pasar di Indonesia. Data penelitian ini didapat dari sumber data primer dan sekunder yang melalui validasi data yang kemudian data tersebut dianalisis sebagai bagian tujuan penelitian ini. Teori globalisasi adalah teori yang digunakan untuk menganalisis dan memahami proses dan dampak globalisasi, yaitu fenomena integrasi ekonomi, sosial, politik, dan budaya yang terjadi di seluruh dunia. Teori Ekonomi Kapitalisme adalah teori yang menjelaskan sistem ekonomi di mana alat-alat produksi, distribusi, dan pertukaran barang serta jasa dimiliki dan dikendalikan oleh individu atau kelompok swasta. Dalam sistem kapitalisme, keputusan ekonomi utama seperti produksi, investasi, dan distribusi didorong oleh mekanisme pasar bebas, di mana harga dan kuantitas barang serta jasa ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Starbucks menggunakan berbagai metode strategi diplomasi dalam ekspansi kapitalnya di Indonesia. Pertama, Starbucks memasuki pasar Indonesia melalui kemitraan lokal, membangun aliansi dengan PT. Sari Coffee Indonesia. Kedua, perusahaan ini menerapkan prinsip ekonomi kapitalis dan globalisasi dengan fokus pada kepemilikan pribadi, kompetisi pasar, dan pencarian keuntungan maksimal. Ketiga, Starbucks menjalankan program keberlanjutan dan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan adalah pendekatan yang diambil oleh perusahaan untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dengan meningkatkan kualitas hidup karyawan, komunitas lokal, dan lingkungan secara keseluruhan, seperti program FSC di Sumatera Utara, untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas petani kopi serta menunjukkan tanggung jawab sosial perusahaan. Terakhir, Starbucks menggunakan diplomasi budaya dan pemasaran untuk mempromosikan produk dan budaya lokal Indonesia, memperkuat citra perusahaan sebagai pendukung keanekaragaman budaya. Kata Kunci: Starbucks; Diplomasi; Kapital; MNC; CSR. / Starbucks Coffee is one of the world's largest coffee companies that has successfully expanded its business to various countries, including Indonesia. As a Multinational Corporation (MNC), Starbucks employs diplomatic strategies in its capital expansion in Indonesia. The research method used in this study is descriptive qualitative, allowing for in-depth analysis of how Starbucks employs diplomacy to enter and expand its market in Indonesia. The research data was obtained from primary and secondary sources, validated, and then analyzed as part of the research objectives. Globalization theory is used to analyze and understand the process and impact of globalization, which is the phenomenon of economic, social, political, and cultural integration that occurs worldwide. Capitalist Economics Theory explains the economic system in which the means of production, distribution, and exchange of goods and services are owned and controlled by private individuals or groups. In a capitalist system, major economic decisions such as production, investment, and distribution are driven by free market mechanisms, where prices and quantities of goods and services are determined by supply and demand. The research findings indicate that Starbucks utilizes various diplomatic strategies in its capital expansion in Indonesia. First, Starbucks enters the Indonesian market through local partnerships, building alliances with PT. Sari Coffee Indonesia. Second, the company applies capitalist economic principles and globalization with a focus on private ownership, market competition, and maximizing profits. Third, Starbucks implements sustainability programs and Corporate Social Responsibility (CSR) as an approach to contribute to sustainable economic development by enhancing the quality such as the FSC program in North Sumatra, to improve the quality and productivity of coffee farmers and demonstrate corporate social responsibility. Lastly, Starbucks employs cultural diplomacy and marketing to promote Indonesian local products and culture, strengthening the company's image as a supporter of cultural diversity. Keywords: Starbucks; Diplomacy; Capital; MNC; CSR.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | POLITICAL SCIENCE > International relations > Scope of international relations. Political theory. Diplomacy POLITICAL SCIENCE > International relations > Societies, associations, academies, institutes, etc., for the study of international relations POLITICAL SCIENCE > International relations > International organizations and associations |
||||||||
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Hubungan Internasional | ||||||||
Depositing User: | Users 5124 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 08:51 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 08:51 | ||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/15163 |
Actions (login required)
View Item |