Implementasi Pengelolaan Dokumen Kredit Management System pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Karangan Kalimantan Barat

Nadila, Nelsa (2022) Implementasi Pengelolaan Dokumen Kredit Management System pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Karangan Kalimantan Barat. D3 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BABI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BABII.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BABIII.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BABIV.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BABV.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DaftarPustaka.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (166kB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju membuat semua beralih pada sistem digital, termasuk pada sektor perekonomian khususnya perbankan. Pengaruh digital pada perbankan juga sangat mendominasi baik untuk nasabah maupun karyawannya. Hal ini juga terjadi pada pengelolaan dokumen kredit di Bank BRI Unit Karangan. Unit ini mengelola 2.461 dokumen kredit dalam ruang BRI Management System (BRIMEN). Sebelum adanya pengelolaan dokumen kredit dengan BRIMEN, dokumen nasabah tersebut ditumpuk dan tidak berurut, sehingga membutuhkan waktu lama untuk mencari dokumen yang diperlukan untuk keperluan tertentu. Oleh karena itu Bank BRI Unit Karangan Kalimantan Barat menerapkan Implementasi pengelolaan dokumen kredit untuk mempermudah dan membantu bagian Administrasi Kredit dalam pengelolaan dokumen nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pengelolaan dokumen kredit melalui BRIMEN dalam meningkatkan efisiensi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualititatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah BRIMEN dapat mengubah budaya mencari dokumen menjadi mengambil dokumen, dengan cara membuat indeks atau klarifikasi dokumen, label dokumen, kode dokumen, mempermudah dalam pencarian dokumen.Yang sebelumnya dokumen kredit tertumpuk tidak tersusun rapi dan aman dokumen kredit mudah terselip dan membutuhkan waktu lama untuk mencari dokumen kredit sehingga mempersingkat waktu pencarian dokumen. Dengan adanya BRIMEN dokumen nasabah tersentralisasi, dan aman, selain itu BRIMEN dapat memitigasi risiko kehilangan dokumen nasabah. Pengelolaan dokumen digunakan sebagai proses mengkoordinir dokumen kredit dengan efektif dan efisien. Kata kunci: Pengelolaan, Dokumen,BRIMEN. / The development of an increasingly advanced era has made everyone switch to the digital system, including the economic sector, especially banking. The influence of digital on banking is also very dominant for both customers and employees. This also occurs in the management of credit documents at Bank BRI Unit Karangan. This unit manages 2,461 credit documents in the BRI Management System (BRIMEN) room. Prior to the management of credit documents with BRIMEN, the customer's documents were stacked and not sequential, so it took a long time to find the documents needed for certain purposes. Therefore, Bank BRI Unit Karangan West Kalimantan implements the implementation of credit document management to facilitate and assist the Credit Administration in managing customer documents. The purpose of this study was to determine how the implementation of credit document management through BRIMEN in increasing efficiency. The research method used is a qualitative research method with data collection methods through interviews and literature study. The conclusion of this research is that BRIMEN can change the culture of looking for documents into retrieving documents, by creating indexes or document clarifications, document labels, document codes, making it easier to search for documents. Previously, credit documents were stacked not neatly arranged and secure, credit documents were easily tucked away and required a long time to search for credit documents so that it shortens the time to search for documents. With the existence of BRIMEN, customer documents are centralized, and safe, besides that BRIMEN can mitigate the risk of losing customer documents. Document management is used as a process of coordinating credit documents effectively and efficiently. Keywords: Management,Document,BRIMEN

Item Type: Thesis (D3)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJuniasti, RidwandariNIDN0302066703riwandari.juniasti@uki.ac.id
Subjects: SOCIAL SCIENCES
Divisions: FAKULTAS VOKASI > Analisis Keuangan (Perbankan dan Keuangan)
Depositing User: Mr Ero Papa
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:33
Last Modified: 26 Jun 2024 06:33
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14940

Actions (login required)

View Item View Item