Tambunsaribu, Gunawan (2023) KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN IV. JURNAL ABDI INSANI, 10 (4). pp. 2134-2146. ISSN 2828-3155
Text
KegiatanPengabdianMasyarakatDosenPembimbingLapangan.pdf Download (4MB) |
|
Text (Korespondensi)
KorespondensiKegiatanPengabdianMasyarakatDosenPembimbingLapangan.pdf Download (5MB) |
|
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinKegiatanPengabdianMasyarakatDosenPembimbingLapangan.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembangunan Indonesia /dak lepas dari Pembangunan masyarakatnya. Program Kampus Mengajar (KM) adalah program yang dikeluarkan pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk dapat belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kampus mereka masing-masing. Tujuan pengabdian dari dosen pembimbing lapangan (DPL) dalam Kampus Mengajar ini adalah untuk membantu para mahasiswa mulai dari awal sampai berakhirnya penugasan mahasiswa dalam di sekolah dimana para Mahasiswa ditempatkan oleh panitia pusat pelaksana program Kampus Mengajar. Layanan pengadbian ini menggunakan metode pembimbingan kepada para Mahasiswa yang ditempatkan di sekolah sasaran program. Bentuk layanan lainnya adalah DPL berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mendukung kelancaran tugas-tugas par amahasiswa. Dari hasil pelaksanaan PkM, layanan pembimbingan DPL memberikan beberapa manfaat bagi karir dosen sehubungan dengan tugas tridharma mereka. Penulis mengelompokkan manfaat tersebut ke dalam tiga kategori umum yaitu manfaat dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Menurut para dosen pembimbing lapangan, program kampus mengajar memberikan manfaat yang signifikan yaitu peningkatan hard skill dan soft skill para mahasiswa. Dari sisi bidang hardskill, para mahasiswa dapat langsung mengimplementasikan ilmu yang mereka sedang pelajari di kampus di dunia kerja. Di bidang softskill, para mahasiswa mendapatkan ilmu cara menyelesaikan masalah, bekerjasama, dan bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang mereka lakukan di dunia kerja yang sesungguhnya. Penulis menarik kesimpulan bahwa ada banyak manfaat yang didapatkan oleh para dosen pembimbing lapangan (DPL) dalam keikutsertaan mereka dalam program Kampus Mengajar. Manfaat yang paling dirasakan para DPL adalah kegiatan ini menunjang tugas mereka dalam pemenuhan tugas tridarma perguruan tunggi khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Kata Kunci: Kampus pengajar, pembimbing lapangan, dosen, perguruan tinggi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION LANGUAGE AND LITERATURE |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 10:43 |
Last Modified: | 08 May 2024 05:38 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14367 |
Actions (login required)
View Item |