Hibah Penelitian - Strategi Pengembangan Desa Wisata pada Delapan Kabupaten di Sekitar Kawasan Pariwisata Danau Toba dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat Lokal

Kennedy, Posma Sariguna Johnson and Tobing, Suzanna Josephine L. and Lumbantoruan, Rutman (2023) Hibah Penelitian - Strategi Pengembangan Desa Wisata pada Delapan Kabupaten di Sekitar Kawasan Pariwisata Danau Toba dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat Lokal. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA, Jakarta.

[img] Text
HibahPenelitianStrategiPengembanganDesaWisata.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemerintah menetapkan Kawasan Danau Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Pada RPJMN 2020-2024, target yang ditetapkan untuk pembangunan pariwisata adalah berorientasi pada target peningkatan penghasilan masyarakat dari pariwisata. Walaupun demikian peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan wisata tetap berasal dari peningkatan jumlah kunjungan wisata yang didorong oleh jumlah kedatangan wisatawan, jumlah hari kunjungan dan besaran pengeluaran yang mereka keluarkan. Kepuasan wisatawan yang diharapkan akan membuatnya minat untuk berkunjung kembali, secara sederhana, tergantung pada kemampuan pemasok untuk memenuhi kebutuhan pelanggan pada waktu yang tepat dengan produk yang tepat. Dengan kata lain, terjadi kecocokkan antara penawaran produk pariwisata dengan permintaan produk tersebut. Mencocokkan penawaran dan permintaan membutuhkan pemahaman yang baik tentang kebutuhan konsumen, dan melibatkan analisis yang cermat terhadap fitur/dimensi produk untuk mengidentifikasi produk potensial yang akan sesuai dengan preferensi konsumen yang terus berubah.

Item Type: Other
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 17 Apr 2024 04:46
Last Modified: 17 Apr 2024 04:53
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14333

Actions (login required)

View Item View Item